PENGEMBANGAN

Penerbitan

           Kegiatan pengembangan dimaksudkan sebagai tindak lanjut dari program pengkajian/penelitian dan pendukung program pembinaan atau pemasyarakatan bahasa dan sastra. Balai Bahasa Semarang telah melakukan kegiatan pengembangan di bidang kebahasaan dan kesastraan, antara lain berupa penerbitan jurnal ilmiah, buku kumpulan hasil peneltian, serta antologi puisi dan antologi cerpen. Jurnal ilmiah berkala mulai diterbitkan Balai Bahasa Semarang pada tahun 2005, yakni Jurnal Ilmiah Kebahasaan Jalabahasa dan Jurnal Ilmiah Kesusastraan Alayasastra. Jurnal tersebut memuat berbagai artikel ulasan, kajian, serta hasil penelitian tentang kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah. Jurnal Alayasastra dan Jalabahasa merupakan media publikasi ilmiah bagi peneliti Balai Bahasa Semarang dan media komunikasi bagi peminat bahasa dan sastra, baik mahasiswa, guru, seniman, budayawan, pejabat, maupun masyarakat yang lain. Masyarakat peminat bahasa dan sastra dapat memanfaatkan kedua jurnal tersebut sebagai bahan/mitra studi. Jurnal ilmiah ini disebarluaskan ke berbagai instansi maupun lembaga (perpustakaan-perpustakaan), baik negeri maupun swasta, di seluruh Indonesia. Selain menerbitkan kedua jurnal tersebut, Balai Bahasa Semarang menerbitkan buku kumpulan penelitian, yakni Seranta Bahasa dan Sastra ( 2004 ) . Adapun buku antologi cerpen dan antologi puisi yang terbit berjudul Seberkas Harapan untuk Indonesia : Antologi Puisi Sayembara Penulisan Puisi SLTP Se-Jawa Tengah ( 2003 ) dan Kata Hati: Antologi Cerpen Remaja ( 2005 ) .

Penyusunan

           Bahasa dan sastra di Indonesia perlu dikembangkan agar mampu mempertahankan fungsinya sebagai wahana komunikasi dan ekspresi. Untuk itu, Balai Bahasa Semarang juga melakukan kegiatan penyusunan bahan-bahan yang dapat dijadikan rujukan, pedoman, atau bahan ajar di bidang kebahasaan dan kesastraan, antara lain, berupa penyusunan kamus dwibahasa, soal-soal UKBI, bahan ajar penunjang BIPA, pedoman penyusunan karya ilmiah, ensiklopedi sastra, dan bahan informasi kebahasaan dan kesastraan.

Perpustakaan

           Dalam menjalankan misi dan visinya sebagai sebuah institusi pengkajian dan pusat informasi kebahasaan dan kesusastraan Indonesia dan daerah di Jawa Tengah, Balai Bahasa Semarang menyediakan sebuah perpustakaan yang representatif. Perpustakaan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pusat layanan informasi kebahasaan dan kesastraan. Layaknya buku sebagai jendela dunia, perpustakaan adalah media bagi upaya mengenal dunia itu karena kehadirannya akan mampu menggerakkan kehidupan ilmiah di dalamnya. Balai Bahasa Semarang berupaya meningkatkan peran perpustakaan ini dengan terus menambah koleksinya, terutama yang terkait dengan kebahasaan dan kesusastraan. Penambahan koleksi dilakukan secara berkala. Setiap tahun selalu diupayakan program penambahan koleksi buku-buku perpustakaan. Sampai saat ini perpustakaan Balai Bahasa Semarang memiliki koleksi tidak kurang dari seribu judul buku yang berkenaan dengan bahasa, sastra, ataupun cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top