Bengkel Sastra bagi Guru SD/MI Negeri dan Swasta di Kota dan Kabupaten Banjarnegara

             Dalam rangka melakukan pembinaan kesastraan, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan bengkel sastra. Kegiatan bengkel sastra ini dikhususkan bagi guru SD/MI negeri dan swasta di Kota dan Kabupaten Banjarnegara. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan daya apresiasi masyarakat (khususnya guru sekolah dasar) terhadap sastra sehingga mereka mampu menghargai dan mengapresiasi sastra, serta mampu membangkitkan minat siswa terhadap sastra. Kegiatan bengkel sastra ini diselenggarakan pada 26–27 Februari 2008 di Hotel Banjarnegara, tepatnya di Jalan Pemuda Nomor 73 Banjarnegara.

             Bengkel sastra ini diikuti oleh guru-guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiah di Banjarnegara. Sebanyak 25 guru menjadi peserta kegiatan. Berbagai materi berkenaan dengan kesastraan, khususnya puisi, disampaikan oleh narasumber yang didatangkan dari beberapa instansi. Kebijakan Sastra, Apresiasi Puisi (olah vokal, olah tubuh, olah pernapasan), Penulisan Kreatif Puisi, Praktik Membaca Puisi, dan Teknik Pentas merupakan materi-materi yang disampaikan kepada peserta. Narasumber atau pemateri antara lain Drs. Widada, M.Hum. dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Eko Sri Israhayu, M.Hum. dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan sastrawan dari Wonosobo, Maria Bo Niok.

              Pada akhir acara, para peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkan kemampuan dalam berpuisi berdasarkan materi yang telah dipersiapkan. Sebagai penyemangat, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada para penampil terbaik. Dari peserta-peserta yang tampil, diperoleh tiga pemenang, yaitu:       

                                    Juara I     :    Budiadi, S.Pd.

                                    Juara II    :    Imam H.S., S.Pd.

                                    Juara III   :    Slamet Saryanto 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas