Penerbitan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

           Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah pada tahun anggaran 2007 memiliki program yang salah satunya adalah penerbitan buku pedoman penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyediakan bahan panduan penulisan karya limiah. Tim penulis menemukan kenyataan di lapangan bahwa banyak guru mengalami hambatan dalam kenaikan pangkat mereka yang disebabkan oleh kesulitan dalam membuat karya tulis ilmiah. Kesulitan tersebut dapat diatasi jika para guru memahami pedoman tentang penulisan karya ilmiah.

           Penulisan karya ilmiah yang baik harus dimulai dengan penelitian. Sementara itu, untuk melakukan penelitian, seseorang harus memahami langkah-langkahnya terlebih dahulu, di antaranya permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, teori yang dipakai, dan cara-cara penyusunan hasil penelitian yang berupa laporan atau karya tulis.

           Buku ini berusaha memberikan panduan secara sederhana mengenai langkah-langkah menulis karya ilmiah. Meskipun sederhana, buku ini diharapkan cukup memberikan pencerahan karena di dalamnya telah memuat hal-hal pokok dalam menulis karya ilmiah, yaitu: perspektif metode penelitian, proses penelitian dan sistematika karya ilmiah, bahasa dalam penulisan karya ilmiah, dan teknik penulisan dalam karya ilmiah. Yang membedakan buku ini dengan buku pedoman penulisan karya ilmiah yang lain adalah penggunaan bahasa dalam penulisan karya ilmiah dibahas secara khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas