Penyusunan Bahan Ajar Penunjang BIPA

           Buku Pelita Bahasa yang diterbitkan tahun 2008 ini disusun dalam rangka menyediakan bahan pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing. Buku Pelita merupakan bahan ajar pendukung untuk tingkat pemula yang merupakan pendamping Lentera Indonesia I. Sebagai bahan ajar pendukung, Pelita Bahasa ini lebih berorientasi pada informasi di seputar Jawa Tengah, baik tentang masyarakatnya maupun budayanya.

           Buku Pelita Bahasa terdiri atas sepuluh unit. Setiap unit berisi informasi yang dapat ditemui pembelajar jika mereka mengunjungi Jawa Tengah. Unit pertama menggambarkan sekilas Jawa Tengah yang meliputi kondisi geografis, masyarakat, dan bahasanya. Unit kedua dan unit ketiga menggambarkan dua objek wisata di Jawa Tengah, yaitu Dieng dan Tawangmangu. Pada kedua unit tersebut dijelaskan situasi dan kondisi yang dapat ditemui di Dieng dan Tawangmangu. Unit keempat menggambarkan sebuah tempat pembuatan gula tradisional khas Jawa Tengah, yaitu Gula Tumbu Rembang. Unit kelima menggambarkan ukiran jepara beserta hasil-hasilnya. Unit keenam menggambarkan permainan anak-anak tradisional. Unit ketujuh memperlihatkan upacara pernikahan masyarakat Jawa beserta tradisi-tradisinya. Unit kedelapan menggambarkan sebuah kepulauan yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Karimunjawa. Unit kesembilan menggambarkan Keraton Surakarta, beserta warisan budayanya. Unit kesepuluh menggambarkan Kota Kudus sebagai salah satu tempat wisata religi di Jawa Tengah.

           Pelita Bahasa tidak membahas tentang penggunaan ungkapan dan tata bahasa karena masalah tersebut sudah ada dan dijelaskan dalam Lentera Indonesia I. Pelita Bahasa lebih menekankan pada pemahaman informasi bagi pembelajar atas bacaan di setiap unitnya.

           Pada setiap unitnya selalu dimulai dengan bacaan dan diberikan daftar kosakata yang dapat menjelaskan kata-kata sulit. Untuk mengetahui tingkat pemahaman bacaan pembelajar, dicantumkan juga soal-soal pelatihan di bagian akhir pada setiap unitnya. Adapun tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk menguji pemahaman pembelajar terhadap apa yang telah dibacanya.

           Bahasa yang digunakan dalam buku Pelita Bahasa ini adalah bahasa Indonesia yang cukup sederhana, baik dari segi kosakatanya maupun segi strukturnya. Hal ini bertujuan agar para pembelajar pemula ini tidak menemukan kesulitan dalam memahami bacaan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top