Sayembara Penulisan Cerita Pendek untuk Remaja Tingkat Jawa Tengah Tahun 2009

Ketahanan diri dan moral yang tinggi untuk menghadapi derasnya gelombang informasi dan globalisasi serta pergaulan yang serba longgar sekarang ini sangat dibutuhkan. Kalangan generasi muda harus terbebas dari pengaruh-pengaruh negatif yang diakibatkan oleh perubahan tersebut. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk membendungnya adalah melalui penciptaan dan penikmatan karya sastra.

Penciptaan dan penikmatan sastra belum digemari oleh sebagian besar generasi muda kita. Hal itu disebabkan mereka lebih akrab dengan dunia eksakta dan elektronika dibanding dunia sastra. Padahal, budaya menulis merupakan salah satu senjata yang ampuh dalam meyikapi gelombang informasi dan globalisasi.

Sebagai salah satu upaya untuk turut serta dalam membangun moral remaja kita, dalam rangka Tahun Bahasa, Balai Bahasa Semarang pada tahun 2009 ini menyelenggarakan Sayembara Penulisan Cerpen untuk Remaja

 

Tujuan

Sayembara ini dilaksanakan dengan tujuan:

(1) meningkatkan minat remaja terhadap sastra;

(2) membangkitkan daya cipta dan kreativitas;

(3) menumbuhkan sikap positif dan cinta remaja terhadap karya sastra;

(4) mengembangkan kegiatan menulis kreatif di kalangan remaja.

 

Peserta

Sayembara Penulisan Cerpen untuk Remaja ini terbuka bagi remaja yang berusia 13-19 tahun di wilayah Jawa Tengah, baik yang masih duduk di bangku sekolah lanjutan maupun yang sudah kuliah

 

Tema

Tema sayembara penulisan cerpen ini ialah mengangkat permasalahan sosial di dunia remaja untuk menumbuhkan solidaritas kemanusiaan dan budi pekerti luhur.

 

 

Peserta

  • Tema cerita pendek tidak mengarah pada pornografi dan tidak berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan SARA.
  • Cerita pendek harus asli (bukan saduran atau terjemahan), belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara serupa.
  • Cerita ditulis dalam bahasa Indonesia dan dikirim dalam bentuk cetak (print-out) di atas kertas kuarto, 1,5 spasi dengan huruf Times New Roman 12.
  • Panjang cerita pendek 5-8 halaman.
  • Setiap peserta hanya boleh mengirim satu naskah. Apabila mewakili sekolah, setiap sekolah maksimal mengirimkan tiga naskah dengan disertai surat pengantar dari Kepala Sekolah.
  • Naskah cerita pendek sebanyak tiga rangkap dapat diantar langsung atau dikirim ke Panitia Sayembara Penulisan Cerita Pendek paling lambat tanggal 31Juli 2009 (stempel pos).
  • Naskah cerpen yang dikirim kepada Panitia harus dilampiri biodata dan fotokopi KTP/kartu pelajar/surat keterangan lain yang menyatakan bahwa peserta masih duduk di SLTP/SLTA atau masih dalam usia remaja.
  • Peserta harus menuliskan alamat dengan jelas agar mudah dihubungi melalui pos, telepon, faksimile, dan pos elektronik (pos-el/e-mail).
  • Cerpen yang masuk ke Panitia menjadi milik Panitia dan tidak akan dikembalikan.

 

 

Penilaian

Penilaian sayembara adalah sebagai berikut:

  • Penilaian dan penentuan pemenang akan dilakukan tim juri yang terdiri atas pakar sastra dan sastrawan.
  • Penilaian mencakupi, antara lain: Isi, daya imajinasi, penokohan, teknik penulisan, dan gaya bahasa.
  • Putusan tim juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat dalam hal ini.

 

Pengumuman Pemenang

  • Pengumuman pemenang direncanakan pada tanggal 20 Agustus 2009 melalui media massa atau telepon.
  • Lima naskah unggulan hasil sayembara ini akan dikirim ke Sayembara Penulisan Cerita Pendek untuk Remaja Tingkat Pusat/ Nasional.

 

Hadiah

Para pemenang akan mendapatkan piagam, piala, dan uang pembinaan dari Balai Bahasa Semarang. Uang Pembinaan yang akan diberikan kepada pemenang masing-masing sebagai berikut.

Pemenang I                        :  Rp2.000.000,00

Pemenang II                       :  Rp1.500.000,00

Pemenang III                      :  Rp1.000.000,00

Pemenang Harapan       :   Rp   750.000,00

Pemenang Harapan II    :   Rp   500.000,00

 

Pajak hadiah sebesar 15% (PPH Pasal 21) ditanggung pemenang.

 

 

 ALAMAT PANITIA LOMBA

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Jalan Elang Raya, Mangunharjo,

Tembalang, Semarang

Telepon 024 – 70769945

Faksimile 024 – 70799945

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top