Sayembara Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SD/MI se-Jawa Tengah

               Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah dan meningkatkan sikap positif guru terhadap pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengadakan sayembara penulisan karya ilmiah. Sayembara diperuntukkan bagi guru sekolah dasar dan madrasah ibtidiah se-Jawa Tengah. Sayembara dilaksanakan dari tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Mei 2008. Karya ilmiah dikirimkan ke alamat Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah untuk diseleksi dan dinilai.

               Penilaian dan penentuan pemenang diakukan tim juri yang terdiri atas pakar bahasa, sastra, dan pakar pengajaran bahasa dan sastra. Tim juri tersebut adalah Drs. Widada, M.Hum., Drs. Suryo Handono, M.Pd., dan Drs. Umar Solikhan, M.Hum. Penilaian dilakukan pada pengunaan bahasa Indonesia dalam karya ilmiah, yang mencakupi perumusan masalah, kerangka teori, metodologi (sumber data), dan arah analisis data, serta manfaat hasil penelitian.

               Sayembara ini diikuti oleh guru sekolah dasar (termasuk madrasah ibtidaiah), baik negeri maupun swasta, secara perorangan di Provinsi Jawa Tengah. Sebanyak empat puluh peserta mengikuti sayembara ini. Berdasarkan penilaian, tim juri menetapkan para pemenang. Berikut ini nama-nama pemenang Sayembara Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SD/MI se-Jawa Tengah tahun 2008 beserta judul karya ilmiahnya.

  • Pemenang I : Sugeng Lestari dari SDIT Az-Zahra Sragen dengan karya berjudul “Pengembangan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Pendekatan Kontekstual”
  • Pemenang II : Yuniarti, S.S dari SD Nusaputera Semarang dengan karya berjudul “Simbolisme dalam Kumpulan Sajak “Ayat-ayat Api” Karya Sapardi Djoko Damono
  • Pemenang III : Rustantiningsih dari SDN Anjasmoro Semarang dengan karya berjudul “Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui ‘Word Square’ pada Siswa Kelas II SDN Anjasmoro Semarang”
  • Harapan I : Aji Wicaksono, S.Pd. dari SD Al-Islam 2 Jamsaron, Surakarta dengan karya berjudul “Kritik Sosial Lirik lagu “Gosip Jalanan” Karya Slank: Tinjauan Semiotika Komunikasi

                Pemenang diberi hadiah berupa piala dan uang pembinaan dengan klasifikasi sebagai berikut.

  • Pemenang I Rp 1.500.000,00
  • Pemenang II Rp 1.250.000,00
  • Pemenang III Rp 1.000.000,00
  • Pemenang Harapan I Rp 750.000,00

Karya ilmiah yang menang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah tahun 2008.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas