Sosialisasi dan Tes UKBI bagi Guru/Calon Guru SD di Kabupaten Kebumen Bekerja Sama dengan FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2010

Kegiatan Sosialisasi dan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru/Calon Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen Bekerja Sama dengan FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta ini bertujuan sebagai berikut.

  1. Menginformasikan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada para peserta.
  2. Membahas materi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).
  3. Membahas manfaat serta korelasi pemahaman dan kemahiran berbahasa Indonesia dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).
  4. Menambah wawasan tentang hubungan UKBI dengan sertifikasi guru hubungannya dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Sosialisasi dan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru/Calon Guru SD di Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan FKIP Universitas Sebelas Maret ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 3 Februari 2010, mulai pukul 07.00 sampai selesai di gedung PGSD, Jalan Kepodang 67, Kebumen. Jumlah peserta sebanyak 100 orang. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sosialisasi dan Tes UKBI terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah sosialisasi. Pada tahap ini dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Penerapan metode tersebut dilakukan dengan cara narasumber memberikan pembekalan materi UKBI kepada para peserta melalui ceramah dan diskusi. Setiap peserta diperbolehkan mengajukan pertanyaan dan pernyataan mengenai masalah-masalah UKBI yang belum dimengerti. Selanjutnya, narasumber memberikan tanggapan atas pertanyaan maupun pernyataan itu kepada peserta sehingga setiap permasalahan dapat dipecahkan.

Tahap kedua, para peserta mengikuti tes UKBI. Tes UKBI terdiri atas tiga seksi. Seksi pertama mendengarkan, seksi kedua merespons kaidah, dan seksi ketiga membaca. 

Materi yang disajikan dalam Sosialisasi dan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru/Calon Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan FKIP Universitas Sebelas Maret ini mencakupi hal-hal sebagai berikut.

  1. Pokok Pikiran Penyusunan Soal UKBI.
  2. Strategi Mengerjakan Soal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

 

Berikut ini narasumber dan materi sajian dalam kegiatan Sosialisasi dan Tes UKBI.

 

No.

 

Narasumber

 

 

Unit Kerja

 

Materi Sajian

1.

Drs. Widada, M.Hum.

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

 

Pokok Pikiran Penyusunan Soal UKBI

2.

Rini Esti Utami, S.S.

 

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

 

Strategi Mengerjakan Soal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)

Setelah mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru/Calon Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen Bekerja Sama dengan FKIP Universitas Sebelas Maret ini, peserta mendapatkan gambaran, wawasan, dan informasi yang jelas tentang Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).  Selain itu, peserta mendapatkan gambaran betapa pentingnya penguasaan kemahiran berbahasa Indonesia bagi guru kaitannya dengan keprofesionalan guru.

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru/Calon Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen Bekerja Sama dengan FKIP Universitas Sebelas Maret ini berjalan tertib dan lancar. Semua ini terlaksana berkat kerja sama yang baik antara panitia, peserta, dan narasumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top