Penulisan Huruf Arab dengan Huruf Latin

Sering ditemukan permasalahan penulisan bahasa asing ke dalam sistem penulisan bahasa Indonesia. Seperti yang telah diketahui, sistem penulisan bahasa Indonesia menggunakan huruf Latin. Penulisan dengan menggunakan huruf latin pada bahasa Arab merupakan permasalahan yang sering dihadapi masyarakat kita. Hal ini disebabkan adanya perbedaan sistem penulisan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan abjad dan pelafalan bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Untuk itulah, perlu adanya kesepakatan dalam transliterasi huruf Arab ke dalam huruf Latin.

Penulisan bahasa Arab dengan huruf Latin ini berdasarkan Pedoman Transliterasi Arab-Latin keputusan bersama antara Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 158 tahun 1987 dan Nomor 0542/b/u/1987, tertanggal 10 September 1987 dengan beberapa perubahan. Perubahan dilakukan mengingat alasan kemudahan penghafalan dan penguasaannya. Penguasaan kaidah sangat penting mengingat praktik transliterasi akan terganggu, tidak cermat, dan akan menimbulkan kesalahan jika pedomannya tidak benar-benar dikuasai. Berikut penulisan huruf dalam bahasa Arab ke dalam huruf Latin.

ا

a

ز

z

ق

q

ب

b

س

s

ك

k

ت

t

ش

sy

ل

l

ث

ts

ص

sh

م

m

ج

j

ض

dl

ن

n

ح

ch

ط

th

و

w

خ

kh

ظ

zh

ه

h

د

d

ع

ء

`

ذ

dz

غ

g

ي

y

ر

r

ف

f

ة

t

h

Dengan penyeragaman penulisan huruf Arab menjadi huruf Latin diharapkan para penulis dapat membedakan huruf dan menggunakannya secara tepat sehingga tidak terjadi kesalahan bunyi, kesalahan penulisan, dan kesalahan makna.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas