Psikiater dan Psikolog

Dalam bidang kedokteran dikenal istilah psikiater dan psikolog. Selama ini psikiater dan psikolog dianggap bidang pekerjaan yang sama. Benarkah demikian? Berdasarkan hasil penelusuran ditemukan fakta berikut ini.

Menurut Arnold A. Lazarus dan Clifford N. Lazarus dalam Staying Sane in a Crazy World,  psikiater adalah dokter bergelar M.D. atau D.O. yang lulus dari sekolah kedokteran dan mendalami cabang ilmu pengobatan yang meliputi pencegahan, diagnosis, dan perawatan gangguan mental dan emosi. Kebanyakan dokter-tanpa melihat spesialisasinya-menjalani pelatihan yang sama di sekolah kedokteran dan praktik pascasarjana, lalu mengambil spesialisasi selama periode pelatihan tingkat tinggi yang disebut dengan residensi atau praktik kerja. Pelatihan di bidang psikiatri ini biasanya memakan waktu tiga tahun.

Karena yang utama dalam pelatihan adalah tentang kedokteran, hanya sedikit psikiater yang secara mendalam menjalani spesialisasi di bidang perawatan psikososial, dan mereka yang menjalaninya biasanya belajar tentang psikoanalisis tradisional atau metode psikodinamika. Oleh karena itu, cara pertama bagi kebanyakan psikiater dalam melakukan perawatan adalah dengan meresepkan obat, memasukkan pasien dalam terapi analisis yang panjang, atau mengombinasikan obat dan psikodinamika yang lebih singkat.

Psikolog klinis dilatih dalam bidang seni dan ilmu psikologi terapan; studi tentang pikiran manusia, emosi, perilaku, dan hubungan. Seorang psikolog klinis biasanya menyandang gelar doktor-Ph.D., Psy.D., Ed.D., atau S.Psi.-dari universitas yang terakreditasi. Ia sekurang-kurangnya memiliki dua tahun pengalaman praktik pascadoktoral dalam lingkungan klinis, dan seperti layaknya dokter ia harus mendapat izin praktik di bawah naungan hukum.

Psikolog klinis menerapkan prinsip psikologi dalam manajemen terapi mental, emosional, perilaku, dan masalah perkembangan individu dan kelompok. Mereka terlatih dalam mendiagnosa, menilai, memberikan tes psikologi, psikososial, serta metode penanggulangan. Walaupun dalam banyak kasus psikolog klinis tidak diizinkan untuk meresepkan obat, belakangan ini mereka mempelajari psikofarmakologi dan siap untuk bekerja sama dengan psikiater atau praktisi kedokteran lain pada saat pengobatan dibutuhkan.

Psikolog adalah seorang ahli dalam bidang psikologi, bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikolog dapat dikategorikan ke dalam beberapa bidang tersendiri sesuai dengan cabang ilmu psikologi yang ditekuninya. Tetapi kata psikolog lebih sering digunakan untuk menyebut ahli psikologi klinis, ahli psikologi di bidang kesehatan mental. Psikolog di Indonesia tergabung dalam organisasi profesi bernama Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI).

Sarjana psikologi yang telah mengikuti pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S-1) dengan kurikulum lama (sistem paket murni) perguruan tinggi Negeri (PTN); atau sistem kredit semester (SKS) PTN; atau kurikulum nasional (SK Mendikbud No. 18/D/O/1993) yang meliputi pendidikan program akademik (sarjana psikologi) dan program pendidikan profesi (psikolog); atau kurikulum lama perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah mengikuti ujian negara sarjana psikologi; atau pendidikan tinggi psikologi di luar negeri yang sudah mendapat akreditasi dan disetarakan dengan psikolog Indonesia oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas RI).

Profesi seorang psikolog sedikit berbeda dengan seorang psikiater yang menyelidiki penyebab gejala psikologi dari sisi kedokteran dan dari sisi kelainan susunan saraf para penderita penyakit jiwa. Jadi, pada prinsipnya seorang psikiater adalah seorang dokter yang mengambil spesialisasi penyakit jiwa. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia 2008 dinyatakan bahwa psikiater adalah dokter yang ahli di penyakit jiwa, sedangkan psikolog adalah ahli psikologi.

Psikiater adalah profesi dokter spesialis yang bertugas menangani masalah gangguan jiwa. Berbeda dengan psikolog, seorang psikiater harus lebih dulu menamatkan pendidikan dokter umum. Gelar akademik psikiater di Indonesia adalah Sp.KJ (spesialis kedokteran jiwa) (http://wikipedia.org/wiki/Psikiater).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top