Ideologi “Perubahan Itu Perlu” dalam Iklan Rokok Gudang Garam Surya Slims

Penulis : Inni Inayati Istiana, S.S.

(Tenaga Teknis Balai Bahasa Prov. Jateng)

Tahun : 2009

 

Abstrak

media yang memunyai kemampuan mengubah perilaku masyarakat salah satunya adalah iklan. Sebagian iklan seringkali tidak hanya menawarkan produk semata, tetapi juga melekatkan sistem nilai, keyakinan, dan ideologi tertentu. Sebagai bagian dari komunikasi massa, kehadiran iklan dapat ditengarai sebagai “interaksi sosial melalui pesan” sehingga penggalian makna yang melibatkan  perhatian pada sistem pertandaan ini merefleksikan sebuah pendekatan, yakni semiotika. Semiotika digunakan sebagai model awal dari analisis yang mampu menampilkan bekerjanya ideologi beserta konteks-sosial dalam iklan Gudang Garam Surya Slim yang tampil sebagai fenomena baru, yang dalam penampilannya mengundang beragam pertanyaan. Sajian iklan yang dihadirkan tidak memerlihatkan adanya hubungan antara pesan-pesan yang disampaikan dan produk yang dipasarkan. Selain tema iklan yang ditampilkan sesuai dengan realitas yang sesungguhnya dan benar-benar terjadi di masyarakat, terdapat muatan kritik atas fenomena sosial dalam iklan tersebut. Di balik wacana kritis yang dikumandangkan, terselubung ideologi dan kepentingan terkait dengan kapitalisme.

 

Kata kunci: iklan, semiotik, konteks sosial-budaya, dan ideologi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas