Inventarisasi Pemakaian Bahasa Jawa dalam Tuturan Bahasa Indonesia

Inayati, Ika et al. 2009. Inventarisasi Pemakaian Bahasa Jawa dalam Tuturan Bahasa Indonesia. Penelitian Tim Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, tahun anggaran 2009

Kata kunci        : Bahasa Jawa, inventarisasi

Abstrak

            Perkembangan suatu bahasa pada satu bangsa merupakan sesuatu yang tidak dapat terelakkan. Apalagi, pada bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku bangsa, bahasa dan budaya serta sangat terbuka pada pengaruh-pengaruh luar. Perkembangan bahasa Indonesia, sebagai bahasa nasional bangsa, tidak lepas dari pengaruh-pengaruh bahasa daerah dan bahasa asing yang semakin deras melanda akibat arus globalisasi. Dari sekian banyak bahasa daerah yang ada, bahasa daerah yang juga terlihat semakin mengglobal adalah bahasa Jawa. Bukan hanya karena jumlah penutur yang banyak karena penduduk Jawa yang moyoritas, mobilitas, tingkat persebaran penduduk dan peran media massa juga memiliki peran penting dalam pengglobalan bahasa Jawa.

            Karena begitu kuatnya pengaruh bahasa Jawa, banyak kosakata-kosakata dalam bahasa Jawa yang muncul dalam pemakaian bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini diungkapkan alasan-alasan, mengapa hal tersebut terjadi. Selain itu, dibahas pula beberapa kata yang mengalami pergeseran atau perubahan makna. Hasil penelitian dalam bentuk inventarisasi kosakata-kosakata yang muncul dalam pemakaian bahasa Indonesia  juga disajikan dalam bab tersendiri selain contoh-contohnya beserta kalimat dalam penerapannya di berbagai bidang pemakaian. Kosakata-kosakata yang ada juga diklasifikasikan berdasarkan ciri-ciri morfologis.

            Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk melengkapi entri kamus besar bahasa Indonesia dan secara umum memberikan masukan terhadap perkembangan bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas