Kesantunan Berbahasa pada Cerpen Anak
Tahun Penelitian : 2010
Peneliti :
- Emma Maemunah, S.Pd.
- Rini Esti Utami, S.S.
- Retno Hendrastuti, S.S.
- Mochammad Fikri, S.S.
Abstrak
Cerpen anak merupakan salah satu bacaan anak yang paling mudah diperoleh. Anak sebagai pembaca dapat dengan mudah mendapat kesenangan dari cerpen yang dibacanya. Akan tetapi, perlu suatu penelitian yang dapat melihat penggunaan bahasa pada cerpen anak karena hal tersebut akan memengaruhi kepribadian anak dalam berbahasa. Penelitian yang berjudul Kesantunan Berbahasa pada Cerpen Anak ini mengkaji bentuk tindak tutur yang digunakan dalam pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan pada cerpen anak, bentuk pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunannya, serta alasan digunakannya tindak tutur tersebut dalam pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan pada cerpen anak. Kajian penelitian ini menggunakan analisis pragmatik dengan pendekatan sosiopragmatik. Data berasal dari cerita pendek anak yang diperoleh dari Harian Suara Merdeka, Harian Solo Pos, Majalah Bobo, dan Majalah Anak Islam Si Dul. Hasil penelitian menunjukkan adanya penggunaan bahasa dalam tindak tutur represenrtatif, direktif, evaluatif atau ekspresif, komisif, dan deklarasi atau isbati. Tindak tutur tersebut digunakan dalam bentuk pematuhan dan penyimpangannya terhadap prinsip kesantunan berbahasa.
Kata kunci: cerpen, tindak tutur, prinsip kesantunan