“Laki-laki pun Bisa”: Kesetaraan Gender dalam Iklan

Share link

Penulis : Shintya, S.S.

(Tenaga Teknis Balai Bahasa Prov. Jateng)

Tahun : 2009

 

Abstrak

Memasak, merawat bayi, mengantar anak pergi ke sekolah, dan mengerjakan pekerjaan domestik lainnya bagi sebagian besar masyarakat-terutama yang masih berpegang pada patriarki-biasanya dilakukan oleh kaum perempuan. Namun, ada sebagian iklan yang menyuarakan hal sebaliknya. Mereka menyuarakan kesetaraan gender dan mengajarkan konsep baru, yaitu laki-laki pun sebenarnya bisa mengerjakan pekerjaan domestik. Tulisan ini akan membahas nilai-nilai kesetaraan gender yang ada dalam iklan baliho di Semarang melalui kajian semiotika.

Kata kunci: kesetaraan gender, iklan, semiotika.

 


Share link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top