Pemakaian Kosakata Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia
Tahun Penelitian : 2008
Peneliti :
- Desi Ari Pressanti, S.S.
- Retno Hendrastuti, S.S.
- Drs. Widada, M.Hum.
- Ika Inayati, S.S.
Abstrak
Media massa menggunakan bahasa sebagai kekuatannya untuk membidik konsumen. Bahasa dapat menarik konsumen untuk mengakses informasi dari media massa tersebut. Bahasa yang digunakan dalam media massa juga dapat memengaruhi konsumen untuk bertindak. Bahasa yang digunakan dalam media massa mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan suatu bangsa. Bahasa Indonesia, baik yang digunakan secara lisan maupun dalam media massa juga mengalami perkembangan. Hal itu karena masyarakat pemakai bahasa membutuhkan kosakata-kosakata yang relevan dengan maksud yang ingin disampaikan, sementara dalam bahasa Indonesia belum ada padanannya. Untuk menanggulangi hal itu pemakai bahasa memungut bahasa daerah sesuai dengan latar belakang pemakai dan menggabungkannya dengan bahasa Indonesia.
Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang paling sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Berdasar pada banyaknya pemakaian kosakata bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia, penelitian ini menjadi perlu dilakukan sebagai acuan untuk menambah kosakata bahasa Indonesia.