Nilai-nilai Moral dalam Komik Upin dan Ipin

Penulis : Inni Inayati Istiana

(Tenaga Teknis Balaia Bahasa Prov. Jateng)

Tahun : 2010

ALAYASASTRA, Vol. 6, No. 1, Mei 2010:37-52 

 

 

Abstrak

Buku bacaan anak yang baik adalah buku bacaan yang mampu menyampaikan nilai-nilai moral dan nilai-nilai edukatif sehingga menjadi anutan atau pedoman bagi anak-anak. Salah satu bacaan anak-anak yang fenomenal adalah komik Upin dan Ipin. Komik ini berkisah tentang kehidupan Upin dan Ipin bersama teman-teman di TK Tadika Mesra dan Kampung Durian Runtuh, tempat tinggalnya. Sebagai komik anak-anak, komik Upin dan Ipin sarat dengan nilai moral baik, yang berbentuk verbal maupun nonverbal yang dapat memengaruhi perkembangan moral anak dalam bersikap dan berperilaku. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah menemukan nilai-nilai moral yang baik dalam komik Upin dan Ipin. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang nilai-nilai moral yang baik yang terkonstruksi dalam komik Upin dan Ipin dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode semiotika digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasi sistem tanda dalam komik ini. Karena bermateri dasar video animasi dengan mengadopsi cerita yang sama dengan tayangan di televisi, unit analisis komik ini berdasar pada semiotika John Fiske yang menggali konstruksi makna melalui kode-kode televisi. Hasil analisis menunjukkan bahwa komik Upin dan Ipin sarat muatan nilai-nilai moral yang baik yang terdeskripsi dari perilaku (behavior), ekspresi (expression), konflik (conflict), karakter (character) dan dialog (dialogue).

 

Kata kunci: komik, komik Upin dan Ipin, semiotik, nilai moral

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas