PENGHARGAAN SASTRA UNTUK PENDIDIK TAHUN 2011

A. Latar Belakang

Sebagaimana kita ketahui, pembentukan kepribadian anak Indonesia menjadi sangat penting di tengah derasnya arus informasi bebas. Tuntutan pembentukan pribadi anak itu kini tidak semata bertumpu pada segi intelegensia, tetapi juga yang terpenting adalah segi moral dan emosi. Kurangnya kecerdasan moral dan emosional pada masa perkembangan anak akan mengakibatkan perilaku bermasalah. Untuk menciptakan anak yang kreatif dan ekspresif, diperlukan pendidik yang mumpuni pula. Pendidik yang peka terhadap situasi kondisi dan emosi anak dapat mengarahkan anak didik sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, untuk mendukung pembentukan kepribadian yang seimbang seperti tersebut, pendidik memerlukan kecerdasan emosional berupa kemampuan social untuk mengajarkan bagaimana merasakan, menciptakan, dan mengekspresikan sesuatu. Bentuk ekspresi dapat dilakukan dengan cara menulis atau mengarang. Dalam kaitan dengan itu, Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan Nasional memeberikan peluang kepada pendidik dalam kegiatan kesastraan, yaitu Penghargaan Sastra untuk Pendidik.

 

B. Tujuan

Tujuan kegiatan Penghargaan Sastra untuk Pendidik adalah sebagai berikut:

  1. Menumbuhkembangkan apresiasi dan sikap positif para pendidik Indonesia dalam menciptakan karya sastra yang   bermutu,
  2. Meningkatkan kualitas apresiasi pendidik terhadap karya sastra Indonesia,
  3. Meningkatkan minat pendidik terhadap sastra Indonesia, dan
  4. Merangsang daya cipta dan imajinasi pendidik terhadap karya sastra.

 

C. Sasaran

Pendidik yang menjadi sasaran pemberian penghargaan ini adalah para pendidik di lingkungan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK, baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Dari beragamnya tingkatan pendidik itu akan dipilih tiga orang penerima penghargaan sastra terbaik.

 

D. Persyaratan

  1. Karya sastra dikirimkan melalui pos atau diantar langsung kepada Panitia Penghargaan Sastra untuk Pendidik dengan alamat Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa paling lambat 30 September 2011 (stempel pos).
  2. Jenis karya sastra yang dikirimkan bebas (novel, puisi, dan/atau drama).
  3. Karya sastra yang dikirimkan melalui pos atau diantar langsung kepada Panitia Penghargaan Sastra untuk Pendidik harus asli (bukan saduran atau terjemahan), pernah dipublikasikan, dan tidak sednag diikutsertakan dalam kegiatan serupa.
  4. Karya sastra yang dikirim harus dilengkapi dengan daftar riwayat hidup yang, antara lain, memuat alamat lengkap peserta dan surat keterangan dari sekolah, termasuk sertifikat penghargaan yang pernah diperoleh (jika ada).
  5. Karya sastra yang telah diterima oleh Panitia tidak dikembalikan.

 

E. Penilaian

  1. Penilaian karya sastra dan penentuan pemenang akan dilakukan oleh tim juri yang terdiri atas praktisi dan pakar sastra.
  2. Putusan pemenang tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada surat menyurat.
  3. Hasil penilaian diumumkan pada bulan Oktober 2011.

 

F. Hadiah

Untuk peserta yang menang dalam sayembara ini akan disediakan hadiah uang tunai sebagai berikut.

Pemenang I          : Rp.15.000.000,00

Pemenang II         : Rp.12.500.000,00

Pemenang III       : Rp. 10.000.000,00

 

Pajak hadiah sebesar 20% (PPh Pasal 21) ditanggung oleh pemenang. Selain menerima uang tunai, para pemenang akan mendapat piagam penghargaan dan buku-buku terbitan Badan Bahasa.

 

Untuk info lebih lanjut, hubungi alamat berikut.

PUSAT PEMBINAAN DAN PEMASYARAKATAN

Jalan Dkasinapati Barat IV

Rawamangun, Jakarta 13220

Telepon (021) 4706288, 4896558 Pesawat 147

Faksimile (021) 4750407

 

Kontak panitia :

Ebah Suhaebah (08159222464)

Dira Hildayani (081218507005)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top