Seminar Kebahasaan dan Kesastraan dalam Rangka Hari Bahasa Ibu Internasional 2012

Balai Bahasa Semarang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah berhasil menyelenggarakan seminar kebahasaan dan kesastraan dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang bertepatan dengan tanggal 21 Februari. Seminar yang mengusung tema “Peran Bahasa Ibu dalam Pendidikan Karakter” ini dilaksanakan pada Kamis, 29 Maret 2012 di Aula Gedung D, Lantai 3, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Jalan Pemuda Nomor 134 Semarang. Peserta dalam seminar ini terdiri atas guru, dosen, mahasiswa, pegawai, dan umum. Acara tersebut dibuka oleh Drs. Nurhadi Amiyanto, M.Ed., Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Pembicara dalam acara ini adalah Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si. selaku Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah; Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum., Dosen Universitas Negeri Semarang; dan Drs. Sutadi, Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP Kota Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa keterampilan berbahasa Indonesia masyarakat semakin menurun yang ditandai dengan menipisnya kebanggaan terhadap bahasa Indonesia dan semakin melemahnya kemampuan generasi muda terhadap penguasaan bahasa daerah termasuk bahasa Jawa di Jawa Tengah. Kedua fenomena yang saling beriringan tersebut memerlukan langkah-langkah penanganan yang sistematis dan berkesinambungan.

Sementara itu, Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. menyampaikan materi tentang “Pendekatan Humanisme: Ngleluri lan Ngrembakaaken Basa Jawa”, sedangkan Sutadi, M.Pd. menyampaikan materi tentang “Alternatif Pembelajaran Bahasa Jawa pada Masa Kini”.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat menyadari tentang peran bahasa ibu dalam upaya pencerdasan bangsa dan pembentukan kepribadian anak bangsa melalui pendidikan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas