Pembukaan Bengkel Sastra oleh Kepala Balai Bahasa Semarang

Kepala Balai Bahasa Semarang, Drs. Pardi, M.Hum., membuka kegiatan Bengkel Sastra di Aula Balai Bahasa Semarang pada hari ini (Kamis, 26/4 red.). Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung dua kali, yaitu hari ini, 26 April 2012 dan 3 Mei 2012. Hadir dalam pembukaan tersebut Pembantu Dekan Fakultas Bahasa dan Seni IKIP PGRI dan Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa IKIP PGRI.

Tema kegiatan ini adalah penulisan naskah sandiwara radio. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa IKIP PGRI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, yaitu Indah Pudjiati, S.Sos., Ketua Programa 4 RRI Semarang dan Sukarjo Waluyo, S.S., M.Hum., Dosen di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro.

Pada kesempatan tersebut Sukarjo Waluyo, S.S., M.Hum. menyampaikan materi tentang dramaturgi. Sementara itu, Indah Pudjiati, S.Sos. menyampaikan materi tentang bagaimana menulis naskah sandiwara radio.

Sukarjo Waluyo, S.S., M.Hum. juga memberikan pandangannya tentang beberapa kelebihan sandiwara radio. Menurut dia, melalui sandiwara radio imajinasi pendengar terhadap eksistensi para tokoh dan latar tidak terbatas.

Kegiatan hari pertama bengkel sastra ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah penyampaian materi oleh narasumber, sesi kedua adalah praktek penulisan naskah sandiwara radio. Dalam sesi kedua ini peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dipandu oleh Sukarjo Waluyo, S.S., M.Hum.  dan kelompok mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa yang dipandu oleh Indah Pudjiati, S.Sos.

Kegiatan pada hari pertama diakhiri dengan pemberian tugas penulisan naskah sandiwara radio yang akan diulas pada pertemuan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas