Lomba Musikalisasi Puisi Mahasiswa Kota Semarang pada 9 Juli 2012

Meningkatkan apresiasi sastra merupakan salah satu program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Program ini salah satunya diwujudkan melalui kegiatan Lomba Musikalisasi Puisi Mahasiswa Kota Semarang. Bentuk musikalisasi dalam lomba ini adalah membacakan sebagian puisi dan menyanyikan sebagian lain dalam puisi tersebut dengan diiringi musik. Kegiatan dengan tema “Pesan Moral Karya Sastra dalam Membangun Karakter Bangsa” ini dilaksanakan di Gedung Ki Narto Sabdo, Taman Budaya Raden Saleh Semarang, Jalan Sriwijaya 29, Semarang pukul 09.00-14.00.

Materi lomba meliputi puisi wajib dan puisi pilihan. Puisi yang wajib ditampilkan berjudul “Membaca Tanda-Tanda” karya Taufik Ismail. Adapun puisi pilihan terdiri atas empat judul puisi, yaitu “Di Luar Hening Langit” karya Mustofa Bisri, “Di Tengah Galau Riuh Rendah Abad Ini” karya Korrie Layun Rampan, “Rakyat” karya Hartojo Andangdjaja, dan “Kesedihan Indonesia” karya Ansori Barata.

Lomba ini diikuti oleh delapan perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Semarang dengan jumlah penampil sebelas grup. Adapun peserta lomba berasal dari delapan perguruan tinggi yang meliputi Universitas Stikubank, Universitas Wahid Hasyim, Universitas Pandanaran, Universitas Diponegoro, IKIP PGRI, universitas Negeri Semarang, Universitas Sultan Agung, dan Universitas Semarang. Dewan juri terdiri atas tiga orang dari instansi yang berbeda. Juri 1 Triyanto Triwikromo, M.Hum. dari Suara Merdeka, juri 2 Handry T.M. dari Dewan Kesenian Jawa Tengah, juri 3 Kahar Dwi Prihantono, S.S. dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan penilaian yang meliputi aspek vokal, komposisi musikal secara keseluruhan, dan penyajian, dewan juri menetapkan lima pemenang. Pemenang Lomba Musikalisasi Puisi Mahasiswa Kota Semarang Tahun 2012 adalah sebagai berikut.

Juara I                       : Universitas Negeri Semarang

Juara II                      : IKIP PGRI

Juara III                     : Universitas Semarang

Juara Harapan I      : Universitas Diponegoro

Juara Harapan II     : IKIP PGRI

Para pemenang mendapat hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan.

  1. Juara I                 :  Rp1.200.000,00
  2. Juara II                :  Rp1.000.000,00
  3. Juara III               :  Rp900.000,00
  4. Juara Harapan I     :  Rp600.000,00
  5. Juara Harapan II    :  Rp550.000,00

Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh dosen pendamping dari masing-masing perguruan tinggi yang menjadi peserta lomba. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pelindungan, Agus Sudono, S.S., M.Hum. Selain menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitas dalam berekspresi, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan apresiasi mahasiswa terhadap berbagai karya sastra dan perkembangannya, termasuk musikalisasi puisi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas