Festival Sastra Indonesia se-Ekskaresidenan Surakarta pada 4 Oktober 2012

Festival Sastra Indonesia Tingkat SLTA se-eks Karesidenan Surakarta telah dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah pada 4 Oktober 2012 di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah Jalan Ir. Sutami nomor 57, Kentingan, Jebres, Surakarta. Kegiatan yang bertema “Dengan Sastra Aku Menggugat” ini diikuti oleh empat belas grup dari empat belas sekolah se-eks Karesidenan Surakarta dan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Mayoritas jenis tampilan yang dibawakan oleh grup dari masing-masing sekolah adalah dramatisasi puisi dan musikalisasi puisi. Setiap grup membawakan jenis tampilan dalam durasi maksimal 15 menit dan dinilai oleh tiga orang juri, yaitu Hanindawan, Gigok Anurogo, serta Dedek Witranto.

Berdasarkan penilaian berdasar pada masing-masing gagrak (genre) tampilan sastra, dewan juri menetapkan lima pemenang. Pemenang Festival Sastra Indonesia Tingkat SLTA se-eks Karesidenan Surakarta Tahun 2012 adalah sebagai berikut.

Juara I : SMA N I Teras Boyolali
Juara II : SMA N I Slogohimo
Juara III : SMA N III Sragen
Juara Harapan I : SMA N I Karanganyar
Juara Harapan II : SMA N VII Surakarta

Para pemenang mendapat hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan.

1. Juara I : Rp1.200.000,00
2. Juara II
: Rp1.000.000,00
3. Juara III : Rp900.000,00
4. Juara Harapan I : Rp600.000,00
5. Juara Harapan II : Rp550.000,

Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh guru pendamping dan pelatih dari masing-masing sekolah yang menjadi peserta lomba. Selain menjadi wadah bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitas dalam berekspresi, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan apresiasi siswa terhadap berbagai karya sastra dan perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top