Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) di Kabupaten Purworejo pada 6–7 November 2012

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah kembali menyelenggarakan kegiatan Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) dalam rangka mengisi Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2012. Kegiatan Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) ini dilaksanakan di Kabupaten Purworejo yang diwujudkan dalam bentuk Peningkatan Kompetensi Bahasa dan Sastra bagi Guru SMTP dan SMTA di Kabupaten Purworejo dengan mengangkat tema “Gemar Membaca dan Menulis”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 6-7 November 2012 bertempat di Hotel Suronegaran, Jalan Urip Sumoharjo No. 47, Purworejo.

Peningkatan kompetensi ini diikuti oleh guru SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Purworejo. Peserta terdiri atas 30 guru SMP, 15 guru SMA, dan 15 guru SMK. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo, Drs. Bambang Aryawan, M.M. Pada kesempatan itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Koordinator Bidang Pengembangan dan Pelindungan, Agus Sudono, S.S., M.Hum. menyampaikan sambutannya bahwa kompetensi guru harus selalu ditingkatkan. Dengan kompetensi yang memadai, diharapkan akan lahir generasi terdidik yang berkarakter. Drs. Bambang Aryawan, M.M. dalam sambutannya pun menyampaikan bahwa Purworejo mendapat kehormatan karena dipilih oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai tempat kegiatan GCBI. Disampaikan pula bahwa peserta hendaknya memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar memperoleh ilmu yang bermanfaat, khususnya melalui kegiatan membaca dan menulis.

Selaras dengan tema, materi yang disampaikan pada kegiatan ini berkaitan dengan menulis dan membaca. Materi menulis disampaikan pada hari pertama dengan narasumber Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selanjutnya, materi tentang membaca disampaikan oleh dua orang narasumber. Narasumber yang menyajikan materi membaca adalah Prof. Dr. Rustono, M.Hum. dari Universitas Negeri Semarang dan Dr. Agus Maladi I., M.A. dari Universitas Diponegoro. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum.

Melalui kegiatan ini, diharapkan guru-guru, khususnya peserta Peningkatan Kompetensi Bahasa dan Sastra bagi Guru SMTP dan SMTA di Kabupaten Purworejo dapat meningkatkan kompetensi menulis dan membaca. Menulis dan membaca merupakan bagian dari keterampilan/kemahiran berbahasa yang harus terus-menerus ditingkatkan, terutama berkaitan dengan profesi guru. Dengan demikian, akan terbentuk guru yang berpengetahuan dan bermartabat sehingga berdampak positif pula bagi anak didik/siswa. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di Kabupaten Purworejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top