Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Membuka Peluncuran dan Kupas Buku Sejumlah Esai Mengingat Guru di IKIP PGRI Semarang

 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah membuka kegiatan Peluncuran dan Kupas Buku Sejumlah Esai Mengingat Guru yang diselenggarakan oleh IKIP PGRI Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kajian Ilmu Apresiasi Sastra (UKM KIAS) bertempat di ruang seminar, gedung GU lantai 2, IKIP PGRI Semarang. Acara dilaksanakan pukul 19.30-22.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembantu Rektor III  IKIP PGRI Semarang, Drs. Supriyono, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., beserta tenaga teknis Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, mahasiswa IKIP PGRI Semarang, narasumber, dan beberapa penulis esai.

Dalam sambutannya, Pembantu Rektor III  IKIP PGRI Semarang, Drs. Supriyono, M.Hum. menyampaikan bahwa mahasiswa dapat meneladani jejak guru yang digambarkan dalam buku Mengingat Guru. Pada kesempatan itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa selayaknya bersyukur menjadi mahasiswa calon guru. Sejalan dengan tema, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah membacakan puisi berjudul “Berguru” karya Samsul Khaidir, penyair Kalimantan Timur. Selanjutnya, Drs. Pardi, M.Hum. membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Pengupas buku terdiri atas Saroni Asikin, Redaktur Budaya Suara Merdeka dan Budi Maryono, seorang penulis dan pendiri Lini Creative Writing. Acara ini dimoderatori oleh Muhajir Arrosyid. Narasumber membahas berbagai hal yang perlu dibenahi dalam penerbitan selanjutnya. Perbaikan karya-karya akan selalu berkaitan dengan latihan dan pengalaman dalam menulis.

Buku Sejumlah Esai Mengingat Guru berisi 37 tulisan dan diterbitkan oleh Buletin Sastra Keris UKM KIAS IKIP PGRI Semarang. Penulis tidak hanya berasal dari UKM KIAS maupun mahasiswa IKIP PGRI Semarang, tetapi juga beberapa penulis di luar lingkungan IKIP PGRI Semarang. Penulis luar berasal dari beberapa kalangan, seperti Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, perguruan tinggi, sekolah, dan sastrawan Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top