Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Memperteguh Nilai Karakter dan Budaya Berbangsa Dilaksanakan 12 November 2012

 

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang mengadakan Seminar Nasional bertajuk Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Memperteguh Nilai Karakter dan Budaya Berbangsa. Seminar ini dilaksanakan pada Senin, 12 November 2012, pukul 08.00–15.30 WIB, bertempat di Gedung Bundar, Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh seratus peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Dalam acara pembukaan, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum. menyatakan bahwa kegiatan seminar ini akan berdampak positif bagi pembentukan karakter bangsa. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum. dalam sambutannya dan menyatakan terima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang telah bekerja sama sehingga seminar tersebut dapat berlangsung. Beliau berharap kerja sama ini akan dilanjutkan dengan kerja sama untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Seminar nasional ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum.

Pemakalah utama Seminar Nasional bertema Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Memperteguh Nilai Karakter dan Budaya Berbangsa ini terdiri atas tiga pembicara, yakni Dr. Dendy Sugono dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Dr. Dandan Supratman, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang, dan Prof. Dr. Suminto A. Sayuti dari Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan itu, Dr. Dendy Sugono menyajikan materi tentang Pendidikan Bahasa Indonesia Meneguhkan Karakter dan Budaya Bangsa, sedangkan Prof. Dr. Dandan Supratman, M.Pd. menyajikan materi Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Sarana Pendidikan Karakter. Selanjutnya, Prof. Dr. Suminto A. Sayuti menyampaikan materi berjudul Memperteguh Nilai Karakter dan Budaya Berbangsa melalui Jalan Sunyi Sastra. Selain pemakalah utama, beberapa pemakalah pendamping yang terpilih menjadi pembicara seminar. Presentasi pemakalah pendamping disampaikan oleh Dr. Ida Zulaeha, M.Hum. dari Universitas Negeri Semarang, Sutarsih, S.Pd. dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Erna Ratnawati, M.Pd. dari SMPN 2 Salatiga,  Drs. Mukh. Doyyin, M.Si. dari Universitas Negeri Semarang, Khabib Soleh dari Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan Ma’as Shobirin, S.Pd., mahasiswa Pascasarjana PGSD Universitas Negeri Semarang.

Seminar ditutup secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum. Dalam kesempatan itu, Drs. Pardi, M.Hum. menyampakan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah bekerja sama sehingga seminar nasional tesebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top