Siaran Bina Bahasa dan Sastra Indonesia di RRI Semarang: Cerita Anak sebagai Sarana Pendidikan Moral

 

Cerita anak merupakan salah satu karya sastra dengan sasaran pembaca anak-anak. Karya sastra ini diharapkan memberikan teladan dan mendidik moral anak-anak. Cerita anak yang disajikan dalam sebuah buku dapat disertai gambar. Dalam memilih buku cerita anak, orang tua harus bijaksana karena cerita anak merupakan salah satu bentuk media pendidikan. Oleh karena itu, cerita anak harus memiliki aspek kelayakan, seperti isi cerita yang mendidik moral anak, gambar penunjang buku tidak mengandung unsur pornografi, dan bahasa yang digunakan baik. Hal itu disampaikan oleh Sutarsih, S.Pd. sebagai narasumber utama dalam siaran interaktif Bina Bahasa dan Sastra di RRI Semarang pada Selasa, 16 April 2013, pukul 20.00-21.00.

Program siaran yang dipandu Saudara Heri tersebut membahas tema “Cerita Anak sebagai Sarana Pendidikan Moral”. Pada kesempatan itu, hadir pula Karyono, S.Pd., M.Hum. sebagai narasumber pendamping. Dalam siaran itu dijelaskan pula bahwa cerita anak menjadi tuntunan bagi anak dalam berperilaku.

Masyarakat diharapkan memahami pentingnya cerita anak bagi pendidikan moral dan pembentukan karakter. Masyarakat juga diharapkan semakin menyadari pentingnya memilih dan menentukan buku cerita yang layak dengan memperhatikan aspek-aspek pesan moral, gambar yang santun, dan bahasa yang sesuai dengan kematangan anak. Dengan demikian, anak akan memperoleh cerita sesuai dengan perkembangan mentalnya sehingga terbentuk karakter yang baik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas