Bupati Pati Membuka Kegiatan Peningkatan Kemampuan Menulis bagi Guru SD

 

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Peningkatan Kemampuan Menulis bagi Guru Sekolah Dasar Kabupaten Pati. Kegiatan  yang dilaksanakan pada 21-22 Juni 2013 tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Pati, H. Haryanto, S.H., M.M., M.Si. “Kegiatan ini diikuti oleh empat puluh peserta yang berasal dari guru sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati,” kata Agus Sudono, S.S., M.Hum., ketua panitia penyelenggara kegiatan.

 

Selain Bupati Pati, acara pembukaan juga dihadiri Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Drs. Sarpan, S.H., M.M., Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Akhmadi, S.Pd., serta undangan dari Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Pati, baik SMP maupun SMA. Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa sumber daya manusia guru SD sebagai pendidik harus terus ditingkatkan karena guru sekolah dasar merupakan pilar dalam pendidikan. “Pemerintah kabupaten harus turut serta dalam penanganan kebahasaan dan kesastraan. Kami senang Bupati Pati bisa mendukung kegiatan peningkatan kompetensi kebahasaan bagi guru dan Kabupaten Pati merupakan yang pertama dengan dukungan bupati secara langsung hadir dalam kegiatan semacam ini,” kata Drs. Pardi, M.Hum. Pada kesempatan itu, Bupati Pati menyatakan bahwa Kabupaten Pati menyambut baik kerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut sangat penting bagi guru untuk meningkatkan kompetensi, khususnya kebahasaan dan kesastraan, berkaitan dengan keprofesian guru. Usaha pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dari tingkat sekolah dasar memang sangat diperlukan. Guru sekolah dasar harus bisa meletakkan dasar-dasar yang kuat kepada siswa untuk meningkatkan rasa nasionalismenya dengan mencintai bahasa Indonesia.

 

Materi-materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut meliputi “Kebijakan Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia” dan “Apresiasi Sastra” oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013” oleh Prof. Dr. Rustono, M.Hum. dari Universitas Negeri Semarang. Materi “Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia” disajikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Drs. Sarpan, S.H., M.M. Adapun materi “Bentuk dan Pilihan Kata” dan “Kalimat dan Paragraf” disajikan oleh penyuluh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Dwi Atmawati, M.Hum. “Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan” disampaikan oleh Sutarsih, S.Pd. dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

 

Kegiatan Peningkatan Kemampuan Menulis bagi Guru SD Kabupaten Pati dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan/kompetensi menulis guru sekolah dasar, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati. Melalui kegiatan tersebut diharapkan kemampuan menulis guru semakin baik sehingga akan memberikan pengaruh positif kepada peserta didik dan lingkungannya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas