BENGKEL SASTRA: GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA IKUT PELATIHAN MENDONGENG

Empat puluh guru taman kanak-kanak dan sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Surakarta mengikuti Bengkel Sastra dengan tema “Teknik Mendongeng” yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Selasa—Rabu, 26—27 November 2013 di Hotel Agas, Surakarta. Narasumber kegiatan tersebut ialah Kempho Antaka, S.Pd. (Pendongeng), Drs. H. Sri Hartoko (Pemerhati budaya), dan Drs. Suryo Handono, M.Pd. (Penyuluh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah). Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut ialah “Metode Bercerita dalam Pembelajaran di TK dan SD”, “Pembentukan Karakter melalui Mendongeng”, “Teknik Dasar Mendongeng”, “Teknik Penyusunan Cerita”, “Praktik Mendongeng”, “Manfaat Mendongeng”, dan “Apresiasi Sastra”.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan Bengkel Sastra ini untuk memotivasi guru agar lebih giat mendongeng. Mendongeng merupakan salah satu sarana untuk membangun budaya dan menanamkan nilai-nilai kehidupan terhadap anak didik. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta, Etty Retnowati, S.H., M.H., mengatakan bahwa tradisi mendongeng saat ini sudah mulai pudar. Anak-anak zaman sekarang sudah sangat jarang mendengarkan dongeng. Anak-anak lebih senang bermain game dan internet. Hal tersebut sangatlah memprihatinkan. Melalui kegiatan ini diharapkan guru dapat menumbuhkan kembali tradisi mendongeng dan mempraktikkannya di hadapan anak didiknya. Melalui dongeng, anak-anak diajarkan tentang sikap dan nilai-nilai moral.  

Selanjutnya, koordinator kegiatan, Karyono, S.Pd., M.Hum., mengatakan bahwa setelah mengikuti pelatihan mendongeng selama dua hari tersebut diharapkan guru mampu mengenal, memahami, menghayati, serta menguasai teori, teknik dasar, manfaat, dan teknik penyusunan cerita atau dongeng. Guru yang telah mengikuti pelatihan mendongeng tersebut diharapkan juga dapat membagi ilmu yang telah diperolehnya kepada rekan-rekan sejawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top