Gubernur Jawa Tengah Menyambut Baik Kegiatan Penghargaan Tokoh dan Lembaga Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik Tingkat Jawa Tengah yang Diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

 

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada tokoh dan lembaga pengguna bahasa Indonesia terbaik tingkat Jawa Tengah tahun 2013. Penyerahan penghargaan tersebut diselenggarakan di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah pada 19 Desember 2013 pukul 19.30-21.30. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Dr. Mahsun, M.S., Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum. Pada penyerahan penghargaan tersebut hadir pula beberapa perwakilan lembaga dan instansi pemerintah dan swasta di Jawa Tengah yang meliputi Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Komando Daerah Militer IV Diponegoro, Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi Semarang, beberapa Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah, budayawan, sastrawan, tokoh-tokoh pendidikan, jurnalis media massa, dan tamu undangan.

Penghargaan Tokoh Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik Tingkat Jawa Tengah Tahun 2013 diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Sudharto P. Hadi., M.E.S., Ph.D., Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., dan Rektor Universitas Sebelas Maret, Dr. Rovik Karsidi, M.S. Adapun penerima Penghargaan Lembaga Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik Tingkat Jawa Tengah adalah Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Sultan Agung, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah, Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi, dan Hotel Santika Premiere.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., menyampaikan bahwa bahasa Indonesia merupakan identitas dan alat pemersatu bangsa. Oleh karena itu, perlu kepedulian dan upaya bersama untuk meningkatkan martabat bahasa dan sastra Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Sejalan dengan hal itu, Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., menyampaikan bahwa generasi muda harus memiliki semangat dan kebanggaan untuk menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar karena dalam tuturan yang baik juga terkandung nilai-nilai yang baik.

Setelah penyerahan penghargaan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah, yaitu Universitas Pancasakti Tegal, Fakultas Bahasa dan Seni IKIP PGRI Semarang, dan Politeknik Banjarnegara. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H. Pada kesempatan itu Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Dr. Mahsun, M.S. juga menyampaikan orasi tentang Bahasa dan Nasionalisme.

Melalui penghargaan tersebut diharapkan masyarakat memiliki teladan yang baik dan santun dalam berbahasa. Dengan demikian, kepedulian masyarakat akan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia semakin meningkat sehingga dapat menempatkan bahasa Indonesia pada martabat yang lebih baik. 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas