RAGAM BAHASA JURNALISTIK DALAM PENULISAN TERAS BERITA SURAT KABAR JATENG POS

 

(The Register Characteristics of Journalistic Language in Lead Writing of Jateng Pos Newspaper)

 

Oleh/ By:
Agus Sudono
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah
Jalan Elang Raya No. 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang
Telepon 024-76744357, 70769945 Faksimile 024-7674358, 70799945
Pos-el: asatiara@yahoo.com

Diterima: 2 April 2013, Disetujui: 28 April 2013

 

ABSTRAK

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk penulisan teras berita dalam berita utama surat kabar Jateng Pos sebagai ragam jurnalistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Dalam analisis data, metode yang digunakan adalah metode kontekstual untuk mengkaji ragam bahasa jurnalistik dalam penulisan teras berita surat kabar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan bahasa Indonesia yang digunakan dalam berita utama surat kabar Jateng Pos. Adapun sampelnya adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat yang ditulis oleh wartawan dalam berita utama surat kabar tersebut yang terbit pada bulan Mei-Juni 2012. Sumber data penelitian ini adalah tulisan reportase berita utama surat kabar Jateng Pos. Setiap teras berita selalu mengandung unsur “apa” dan “siapa”. Unsur “di mana” hampir selalu ada dalam teras berita tersebut. Sementara itu, unsur yang lain, yaitu “kapan”, “mengapa”, dan “bagaimana”, tidak selalu ada dalam teras berita. Pengutamaan di antara unsur-unsur tersebut dalam penulisan teras berita disesuaikan dengan penekanan pentingnya informasi dalam surat kabar tersebut dengan pilihan kata dan kalimat yang berbeda.

Kata kunci: ragam jurnalistik, surat kabar, teras berita.

 

ABSTRACT

This study describes the form of lead writing of Jateng Pos’ headlines as typical register characteristics of journalistic language. This research is qualitative-descriptive one. In the data analysis, the method applied is a contextual method designated for assessing register characteristics of journalistic language of in term of lead writings. The population in this study was the overall Indonesian language used in the headlines of Jawa Pos. The samples include word, phrase, clause and sentence written by a journalist in the newspaper headlines, published in May until June 2012. The data sources of this study are report writings of Jateng Pos’ headlines. Each lead always presents elements of “what” and “who”. The element of “where” is often presented. Meanwhile, other elements, such as “when”, “why” and “how”, are seldom presented in the leads. The decision of putting certain elements in the lead writing is associated with the emphasis of information signifi cance in the newspaper by means of different choice of words and phrases.

Keywords: register characteristics of journalistic language, newspapers, lead.

 

Jalabahasa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Volume 9, Nomor 1, Mei 2013, halaman 1-12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas