Kunjungan Mahasiswa Kuliah Kerja Magang ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi

Mahasiswa kuliah kerja magang di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi, Jalan Dr. Sutomo Nomor 16 Semarang pada 15 Maret 2014. Mahasiswa magang yang berjumlah sembilan orang tersebut berasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Universitas Pancasakti Tegal. Turut mendampingi pada kunjungan tersebut Kasubbag Tata Usaha Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Lely Siti Fatimah, S.E., M.Si., Akt., Umi Farida, S.S., dan Mochammad Fikri, S.S. dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bagian Umum, Drs. Agus Tri Paryanto, M.Kes., Kepala Subbagian Humas dan Pemasaran, Neneng Syamsiah, S.K.M., M.M., Kepala Bagian Pendidikan dan Penelitian, Kepala Subbagian Tata Usaha, Lis Wulandari, S.H., serta para staf Bagian Rumah Tangga dan Humas Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi.

Kasubbag Tata Usaha Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Lely Siti Fatimah, S.E., M.Si., Akt., menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dimaksudkan untuk  mengenalkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang publik kepada para mahasiswa. Hal itu terkait dengan penghargaan sebagai lembaga berbahasa Indonesia terbaik se-Jawa Tengah tahun 2013 yang baru saja diterima oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi.

Dalam acara penerimaan kunjungan tersebut, Kepala Bagian Umum, Drs. Agus Tri Paryanto, M.Kes., menyatakan bahwa penghargaan tersebut memacu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi untuk berhati-hati dan selalu meningkatkan pemakaian bahasa Indonesia secara baik dan benar. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang bermanfaat, yang akan mengangkat citra dan nilai bahasa Indonesia. Sebagai contoh adalah pemanfaatan bahasa pada slogan-slogan untuk mengajak masyarakat hidup sehat dan menjaga lingkungan. Slogan-slogan positif seperti itu juga mengajak masyarakat berbahasa secara baik dan santun. Selanjutnya, Kepala Subbagian Humas dan Pemasaran, Neneng Syamsiah, S.K.M., M.M., mengemukakan bahwa yang terpenting dalam penggunaan bahasa adalah pesan yang akan disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh mitra tutur.

Setelah mengenalkan profil Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi kepada para mahasiswa, kunjungan dilanjutkan dengan mengamati penggunaan bahasa dalam spanduk, poster, dan lain-lain yang terdapat di lingkungan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top