Seminar Nasional dan Peluncuran Buku Terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Seminar Nasional “Pemertahanan Bahasa Ibu sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal” pada Kamis, 20 Maret 2014, di Hotel Grasia Semarang. Narasumber dalam seminar tersebut ialah Prof. Dr. Faruk H.T. (Ketua Program Studi S2 Ilmu Sastra, Universitas Gadjah Mada), Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. (Rektor Unnes) yang diwakili oleh Dr. Ida Zulaeha, M.Hum. (Unnes), dan Drs. Pardi, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah).

Dalam sambutan pada pembukaan seminar tersebut, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa bahasa daerah memiliki peluang yang cukup besar dalam upaya pencerdasan bangsa. Sebagai masyarakat Jawa kita tidak perlu merasa malu ataupun rendah diri saat menggunakan bahasa Jawa. Drs. Pardi, M.Hum. juga berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan para peserta mengenai bahasa ibu sebagai bahasa daerah. Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Agus Sudono, S.S., M.Hum., menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk mendiskusikan sekaligus membangkitkan kesadaran masyarakat tentang pemertahanan bahasa Ibu sebagai upaya pelestarian budaya lokal.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen dan mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Tengah, baik negeri maupun swasta, para pemerhati bahasa, serta perwakilan dari berbagai instansi, yaitu Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kota Semarang, dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan itu juga dilakukan peluncuran buku-buku terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, antara lain Cerita Rakyat di Jawa Tengah, Kamus Jawa—Indonesia, Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Propaganda Politik, Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja, Biografi Pengarang Sastra Jawa Tengah, Aku Cinta Jawa Tengah: Antologi Puisi Jawa Tengah, dan Ikhtisar Puisi Indonesia di Jawa Tengah. Buku-buku tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh staf Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas