Sosialisasi Pangkalan Data Kebahasaan dan Kesastraan

 

Bidang Informasi dan Publikasi, Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, menyosialisasikan aplikasi pangkalan data kebahasaan dan kesastraan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 26-27 Maret 2014 di Aula Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah itu diikuti oleh pegawai teknis dan administrasi Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., mendukung pengelolaan pangkalan data kebahasaan dan kesastraan agar pengelolaan data penelitian kebahasaan dan kesastraan yang telah dilakukan oleh seluruh pegawai di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa lebih terstruktur dan terkoordinasi dengan baik. Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Publikasi, Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dra. Wahyu Tri Hartati, M.Pd., menyatakan bahwa pangkalan data kebahasaan dan kesastraan bertujuan untuk mengelola data yang terpadu, transparan, dan akurat. Selain itu, program pangkalan data ini diharapkan dapat menghindarkan tumpang tindih atau pengulangan penelitian yang serupa. Pangkalan data juga dapat dimanfaatkan sebagai rujukan penelitian.

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan mengenalkan laman khusus pangkalan data kebahasaan dan kesastraan yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pegawai balai/kantor bahasa di seluruh Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan langkah-langkah dan simulasi pengunggahan yang dipandu oleh Bambang Satrio Utomo, A.Md. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan praktik mengunggah penelitian bahasa dan sastra serta tanya-jawab.

Sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk menampung saran-saran yang memadai dalam rangka pengembangan layanan tersebut. Dengan demikian, pangkalan data yang tersedia dapat dimanfaatkan secara maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top