FESTIVAL SASTRA INDONESIA TINGKAT SMTA SEJAWA TENGAH TAHUN 2014

Sebelum Indonesia merdeka, rakyat Indonesia berjuang keras agar dapat melepaskan diri dari belengggu penjajahan. Semangat rakyat Indonesia, terutama para pemudanya sangat luar biasa pada waktu itu. Mereka mengobarkan semangat kemerdekaan di seluruh penjuru negeri. Semua kekuatan, harta benda, bahkan nyawa mereka korbankan untuk meraih kemerdekaan yang telah lama dicita-citakan. Dengan semangat persatuan dan sikap rela berkorban itulah akhirnya bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaan. Namun, saat Indonesia sudah merdeka dan terbebas dari belenggu penjajahan justru ada musuh lebih berat yang mulai melanda bangsa ini. Musuh besar itu adalah lunturnya rasa nasionalisme di kalangan para pemudanya. Pemuda yang seharusnya dapat mengubah masa depan suatu bangsa menjadi lebih baik, justru menjadi musuh yang dapat menghancurkan kehidupan bangsa di masa depan.

Pemuda Indonesia yang dulu berjuang untuk menyatukan bangsa demi mengusir penjajah sekarang justru mulai melupakan rasa cintanya terhadap bangsanya sendiri. Mereka yang seharusnya mengharumkan nama bangsa justru melupakan perjuangan para pendahulunya dalam meraih kemerdekaan. Sikap inilah yang akan menjadi musuh terbesar bangsa Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat harus disadarkan pada isi Sumpah Pemuda yang mengaku bertanah air dan berbangsa satu yaitu Indonesia. Pemuda pun harus mulai disadarkan akan pentingnya nasionalisme kebangsaan. Pemuda adalah motor penggerak kemajuan bangsa. Kemajuan suatu bangsa hanya akan tercapai bila rakyatnya bersatu.

Semangat nasionalisme dan optimisme akan kemajuan bangsa dapat dibangun dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan sastra. Oleh sebab itu, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengadakan Festival Sastra Indonesia Tingkat SMTA dengan tema “Kobarkan Nasionalisme dengan Sastra!” untuk menggugah para pemuda agar bersatu demi kemajuan bangsa. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi agenda tahunan untuk menapung minat dan bakat siswa terhadap pertunjukan sastra. Penampil terbaik I dalam Festival Sastra Indonesia ini akan ditunjuk sebagai duta Jawa Tengah dalam Festival Sastra Tingkat Nasional pada tahun 2015.

Tujuan                                                                

Kegiatan Festival Sastra Indonesia Tingkat SMTA se-Jawa Tengah Tahun 2014 ini bertujuan sebagai berikut.

1.    Mengasah kepekaan siswa terhadap situasi kondisi masyarakat Indonesia.

2.    Menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra siswa, khususnya terhadap nilai-nilai

moral yang berakar pada budaya bangsa.

3.    Meningkatkan bakat dan kemampuan siswa dalam mengapresiasi serta  membawakan karya

sastra.

4.    Menumbuhkan sikap nasionalisme kepada siswa melalui kegiatan  bersastra.

Peserta

Peserta Festival Sastra Indonesia Tahun 2014 adalah pelajar tingkat SMTA kelas VII se-Jawa Tengah yang dibuktikan dengan fotokopi kartu pelajar.

Juri

Juri Festival Sastra Indonesia Tingkat SMTA se-Jawa Tengah Tahun 2014 adalah para sastrawan yang memiliki reputasi dan kompetensi unggul dalam dunia kesastraan, khususnya pertunujukan sastra.

Ketentuan Penampilan Sastra

Panitia Festival Sastra Indonesia Tingkat SMTA se-Jawa Tengah Tahun 2014 memiliki beberapa ketentuan sebagai berikut.

1.    Setiap kelompok penampil terdiri atas maksimal enam orang dan seorang pendamping.

2.    Peserta dibebaskan memilih materi sastra yang sudah ditetukan oleh panitia sesuai dengan tema “Kobarkan Nasionalisme dengan Sastra”. Materi sastra tersebut dapat diolah lagi sesuai dengan kreativitas masing-masing.

3.    Peserta dibebaskan memilih tampilan sastra yang berwujud musikalisasi puisi, pembacaan puisi, dramatisasi puisi, dramatisasi cerpen, drama, dll.

4.    Karya merupakan penggarapan orisinil hasil dari ide dan kreativitas peserta.

5.    Karya mengangkat corak/warna kearifan lokal.

6.    Tampilan dapat didukung alat musik elektrik, peranti suara, dan peranti visual yang dipersiapkan sendiri oleh peserta.

7.    Waktu tampil untuk setiap peserta adalah 15 menit .

8.    Lampu kuning akan digunakan sebagai tanda waktu tampil tinggal tiga menit dan lampu merah menengarai waktu tampil telah habis.

9.    Setiap kelompok wajib menyerahkan naskah dan uraian tampilan kepada panitia paling lambat satu minggu sebelum pertunjukan melalui surel info@balaibahasajateng.web.id.

Materi Sastra

1.  “Kembalikan Indonesia Padaku” karya Taufiq Ismail (Puisi)

2.  “Lagu Seorang Gerilya” karya W.S. Rendra  (Puisi)

3.  “Negeriku” karya K.H.A. Mustofa Bisri (Puisi)

4.  “Matinya Seorang Pemain Sepakbola” karya Seno Gumira Ajidarma (Cerpen)

5.  “Cerita dari Tapal Batas” karya Kurnia Hadinata (Cerpen)

6.  “Lagu di Atas Bus” karya Hamsad Rangkuti (Cerpen)

7.  Keluarga Gerilya karya Pramoedya Ananta Toer (Novel)

8.  Ladang Perminus karya Ramadhan K.H. (Novel)

9.  Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis (Novel)

10.  Domba -domba Revolusi karya B. Sularto (Drama)

11.  Jangan Menangis Indonesia karya Putu Wijaya (Drama)

Pelaksanaan Kegiatan

Festival Sastra Indonesia Tingkat SMTA se-Jawa Tengah Tahun 2014 dilaksanakan di Teater Arena, Taman Budaya Tegal, Jalan Kolonel Sugiyono, Tegal pada Kamis, 16 Oktober 2014.

Ketentuan Penilaian

Penampil terbaik I, II, dan III akan ditentukan berdasarkan penilaian juri yang berdasar pada masing-masing gagrag (genre) tampilan sastra; tampilan baca puisi akan dinilai sesuai dengan kriteria penilaian baca puisi, tampilan drama akan dinilai sesuai dengan kriteria penilaian drama, dan seterusnya.

Hadiah

Penampil terbaik pada Festival Sastra Indonesia Tingkat SMTA se-Jawa Tengah Tahun 2014 akan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam, dan uang pembinaan dengan perincian sebagai berikut.

a. Penampil terbaik I              : Rp3.000.000,00

b. Penampil terbaik II            : Rp2.500.000,00

c. Penampil terbaik III           : Rp2.000.000,00

Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.

Pendaftaran

Pendaftaran Festival Sastra Indonesia Tingkat SMTA se-Jawa Tengah Tahun 2014 akan dibuka mulai 15 September  dan ditutup pada 10 Oktober 2014. Informasi yang berkaitan dengan festival dapat diketahui melalui laman Balai Balai Provinsi Jawa Tengah atau melalui facebook dengan alamat festivalsastrabbjt@gmail.com.

Narahubung

Narahubung kegiatan ini adalah Kahar Dwi Prihantono, S.S (082137141608) dan Shintya, S.S (081325549007) Pin BB 276B4330.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top