PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI GURU SEKOLAH DASAR KABUPATEN BOYOLALI

Menulis karya ilmiah merupakan salah satu bentuk kemahiran dalam berbahasa. Seorang guru akan lebih percaya diri dalam menulis jika memiliki kemampuan mengorganisasikan pikiran, ide, atau gagasan yang dikombinasikan dengan penguasaan bahasa yang sesuai kaidah. Hal itu disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Peningkatan Kemampuan Menulis bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Boyolali yang diselenggarakan di Aula SMKN 1 Mojosongo, Boyolali pada Selasa, 24 Juni 2014. Lebih lanjut, Drs. Pardi, M.Hum. meminta para peserta yang terdiri atas enam puluh guru sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Boyolali mengikuti kegiatan dengan serius. Beliau juga berharap para peserta berinisiatif untuk menulis karya ilmiah setelah mengikuti kegiatan ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Boyolali, H. Abdul Rahman, M.Pd., menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, H. Abdul Rahman, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk guru. Beliau berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi untuk meningkatkan kompetensi guru di Kabupaten Boyolali.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, 24—26 Juni 2014, diisi oleh enam orang narasumber yang berasal dari kalangan akademisi dan penyuluh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Keenam narasumber tersebut ialah Prof. Dr. Ali Imron (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Prof. Dr. Markhamah (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Dr. Dwi Atmawati, M.Hum. (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), Drs. Pardi, M.Hum. (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), Drs. Suryo Handono, M.Pd. (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), dan Hariyanto, S.S., M.Hum. (Universitas Pekalongan). Adapun materi yang diberikan terdiri atas Kebijakan dan Arah Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas, Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, Bentuk dan Pilihan kata, Kalimat dan Paragraf, Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Ilmiah, Kesantunan Berbahasa, dan Apresiasi Sastra Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas