LOMBA CIPTA PUISI TINGKAT JAWA TENGAH 2014

 

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Sastra 2014, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Lomba Cipta Puisi (LCP) Tingkat Jawa Tengah pada 19 Oktober 2014 di auditorium RRI Semarang dengan tema “Membangun Jawa Tengah dalam Keberagaman”. Kegiatan ini diikuti oleh 557 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Tengah, antara lain Pekalongan, Demak, Kudus, Kendal, Grobogan, Purwokerto, Sragen, Surakarta, Purworejo, Semarang, Temanggung, Brebes, Tegal, Magelang, dan Wonosobo.

Kegiatan LCP dibuka oleh Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar, Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si., mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum.; Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing Universitas Muhammadiyah Semarang, Yesika Maya Ocktarani, S.S., M.Hum.; Ketua Jurusan PBSID Universitas Muhammadiyah Surakarta, Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Pd.; Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, Sumartini, S.S., M.A.; Kepala SLBN Semarang, Drs. Ciptono: Kasubbag Tata Usaha Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Lely Siti Fatimah, S.E., M.Si.; Koordinator Bidang Pengembangan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Agus Sudono, M.Hum.; serta ketiga juri LCP. Selain itu, acara tersebut dimeriahkan pementasan Sanggar Alam Teater Tukang dari Jakarta, musikalisasi puisi dari SMAN 2 Semarang, dan pembacaan puisi oleh Kepala SLBN Semarang, Drs. Ciptono.

Juri Lomba Cipta Puisi tersebut adalah Sosiawan Leak dari Surakarta, Handry T. M. dari Semarang, dan Drajad Agus Murdowo dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Penilaian Lomba Cipta Puisi 2014 ini meliputi aspek: kesesuaian isi dengan tema, amanat yang disampaikan, keseimbangan dalam komposisi, kepaduan unsur-unsur puisi, keindahan puisi, kreativitas, dan keunikan puisi. Pemenang Lomba Cipta Puisi Tingkat Jawa Tengah 2014 akan diumumkan pada 31 Oktober 2014 di laman Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, www.balaibahasajateng.web.id. dan media massa. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas