SMA NEGERI 6 PURWOREJO PENAMPIL TERBAIK I FESTIVAL SASTRA INDONESIA

SMA Negeri 6 Purworejo berhasil menjadi Penampil Terbaik I dalam ajang kreativitas Festival Sastra Indonesia (FSI) Tingkat SMTA Se-Jawa Tengah. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah itu diselenggarakan pada Kamis, 16 Oktober 2014, di Teater Arena, Taman Budaya Tegal, Jalan Kolonel Sugiyono, Tegal. Sembilan belas tim dari berbagai sekolah menangah tingkat atas di Jawa Tengah berkompetisi untuk menjadi penampil terbaik dalam kegiatan yang bertema “Kobarkan Nasionalisme dengan Sastra” itu.

FSI 2014 dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nur Sholeh, M.Pd. Acara pembukaan dihadiri oleh Drs. Pardi, M.Hum. yang merupakan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dra. Herlina yang merupakan perwakilan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Tegal, para peserta kegiatan, dan Dewan Juri. 

Dalam sambutannya, Drs. H.M. Nur Sholeh, M.Pd. sangat mendukung kegiatan tersebut. “Festival Sastra ini bisa menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra siswa, khususnya terhadap nilai-nilai moral yang berakar pada budaya bangsa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., dalam sambutannya mengatakan bahwa semangat nasionalisme dan optimisme terhadap kemajuan bangsa dapat dibangun melalui berbagai cara. Salah satunya adalah kegiatan sastra. Pada kesempatan itu, Drs. Pardi, M.Hum. juga memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang telah membimbing dan mengarahkan siswanya untuk ikut berpartisipasi dalam ajang kreativitas sastra kali ini.

Juri FSI 2014 terdiri atas Timur Sinar Suprabana (Semarang), Nurhidayat Poso (Tegal), dan M. Haryanto, S.S., M.Hum. (Pekalongan). Ketiga Dewan Juri merupakan sastrawan yang memiliki reputasi dan kompetensi unggul dalam dunia kesastraan, khususnya pertunjukan sastra. Adapun, aspek-aspek penilaian FSI 2014 didasarkan pada berbagai gagrag (genre) sastra. Tampilan baca puisi dinilai sesuai dengan kriteria penilaian baca puisi, tampilan drama dinilai sesuai dengan kriteria penilaian drama, dan seterusnya. Berdasarkan aspek penilaian tersebut, Dewan Juri memutuskan SMA Negeri 6 Purworejo menjadi Penampil Terbaik I, SMA Negeri 1 Tegal menjadi Penampil Terbaik II, dan SMA Negeri 1 Klirong Kebumen menjadi Penampil Terbaik III.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas