Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Calon Instruktur Saka Wira Kartika Kodim 0710 Pekalongan

 

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa selalu berupaya mendukung tugas pokok dan fungsi pengembangan, pelindungan, dan pembinaan bahasa Indonesia. Untuk itu, dalam rangka Hari Bela Negara VIII, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Saka Wira Kartika Kodim 0710 Pekalongan mengadakan “Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Calon Instruktur Saka Wira Kartika Kodim 0170 Pekalongan”. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya menanamkan kecintaan generasi muda terhadap tanah air melalui bahasa Indonesia. Kegiatan pada 24 November 2014 di Hotel Dafam, Jalan Urip Sumoharjo 53, Pekalongan, diikuti oleh empat puluh Calon Instruktur Saka Wira Kartika Kodim 0710 Pekalongan.

Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dibuka oleh Komandan Kodim 0710 Pekalongan yang diwakili oleh Perwira Seksi Teritorial, Kapten Infanteri Parman, dan dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Subagian Tata Usaha, Lely Siti Fatimah, S.E., Akt., M.Si., serta Koordinator Bidang Pengembangan, Agus Sudono, S.S., M.Hum. Dalam sambutannya, Kapten Infantri Parman menyampaikan bahwa generasi muda harus terus menjaga keberadaan bahasa Indonesia. Kapten Infanteri Parman mengajak para peserta untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. “Mari kita perkuat keberadaan bahasa Indonesia,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa bahasa Indonesia merupakan kebanggaan bangsa yang dapat menyatukan rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Untuk itu, generasi muda perlu mengetahui kemahiran dalam berbahasa Indonesia melalui Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). 

Pada kesempatan yang sama Kepala Subagian Tata Usaha Tata Usaha Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Lely Siti Fatimah, S.E., Akt., M.Si., menyampaikan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengundang semua pihak untuk ikut serta dalam pemartabatan bahasa Indonesia. Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah juga siap bekerja sama dengan semua pihak dalam upaya pemertahanan dan pemartabatan bahasa Indonesia di Jawa Tengah. Oleh karena itu, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima baik ajakan kerja sama Kodim 0710 Pekalongan untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan dapat dilanjutkan dengan kegiatan serupa pada masa yang akan datang.

Sebelum pelaksanakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, peserta mendapatkan materi “Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi” yang disajikan oleh Agus Sudono, M.Hum. dan “Sosialisasi UKBI” yang dipaparkan oleh Rini Esti Utami, S.S. Materi “Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi” disampaikan sebagai upaya membangkitkan kecintaan peserta terhadap bahasa Indonesia. Dalam materi tersebut dijelaskan gambaran penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik yang cukup memprihatinkan. Peserta juga diajak untuk melihat dan memperbaiki bahasa-bahasa yang digunakan oleh media massa dan masyarakat umum yang menyimpang dari kaidah bahasa Indonesia. Adapun materi “Sosialisasi UKBI” disampaikan agar peserta mengetahui seluk beluk Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia sehingga peserta lebih siap mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas