Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Menyelenggarakan Lomba Pidato Berbahasa Jawa bagi Pegawai SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Umum 2015

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Lomba Pidato Berbahasa Jawa bagi Pegawai SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Umum Tahun 2015. Lomba bertema Tumuju Jawa Tengah ingkang Resik, Jujur, lan Tinarbuka ini akan digelar pada Kamis, 26 Maret 2015 di Wisma Perdamaian, Jalan Imam Bonjol 209, Semarang. Juri lomba terdiri atas akademisi, praktisi bahasa Jawa, dan media massa. Peserta dan pemenang diklasifikasikan dalam dua kategori, yaitu pegawai SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan masyarakat umum, antara lain guru, dosen, mahasiswa, serta penggiat bahasa, sastra, dan budaya.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., mengemukakan bahwa lomba ini bertujuan meningkatkan kemahiran masyarakat dalam berbahasa Jawa. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan bangga terhadap kekayaan budaya berupa bahasa Jawa. “Kegiatan Lomba Pidato Berbahasa Jawa ini diharapkan dapat membangun kerja sama antarlembaga di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dilandasi sikap melu handarbeni dan saiyeg saeka praya dalam pengembangan, pelestarian, dan pemanfaatan bahasa dan budaya Jawa,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Agus Sudono, M.Hum., menjelaskan bahwa pemenang Lomba Pidato Berbahasa Jawa ini akan mendapatkan trofi dari Gubernur Jawa Tengah, piagam, dan uang pembinaan. Peserta yang mendaftar tidak dipungut biaya pendaftaran. Akan tetapi, jumlah peserta dibatasi. “Pendaftaran ditutup pada 25 Maret 2015 atau jika kuota telah terpenuhi untuk masing-masing kategori mencapai 52 orang,” tandasnya.

Penilaian lomba meliputi (1) penampilan, (2) bahasa, dan (3) keruntutan gagasan dan kesesuaian dengan tema. Peserta dapat membaca syarat-syarat pendaftaran sekaligus mengisi formulir pendaftaran dengan cara mengunduh di laman www.balaibahasajateng.web.id. Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi Sekretariat Pendaftaran: Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Telepon 024-76744357, Faksimile 024-76744358, pos-el info@balaibahasajateng.web.id, laman http//www.balaibahasajateng.web.id. Adapun narahubung kegiatan tersebut adalah Rini Esti Utami (08122811796) dan Slamet Priyono, S.E. (085641860137). 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas