BENTUK DAN PILIHAN KATA DI JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI MODERN

(Modern Communication The Shape and Choice of Words in Facebook Social Media)

 

Oleh/By:
Sutarsih

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah
Jalan Elang Raya No. 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang
Telepon 024-76744357, 70769945; Faksimile 024- 76744358, 70799945
Pos-el info@balaibahasajateng.web.id
Pos-el penulis: sutabinde1@yahoo.com

Diterima: 18 April 2014, Disetujui: 25 April 2014

 

ABSTRAK

Bentuk dan pilihan kata dalam bidang komunikasi melaju cepat seiring dengan maraknya penggunaan sarana komunikasi modern jejaring sosial facebook. Bentuk dan pilihan kata tersebut menembus jarak dan ruang secara cepat karena didukung oleh teknologi canggih yang menyertai sarana komunikasi. Bentuk dan pilihan kata tersebut mampu mengakomodasi kebutuhan penggunanya bertukar informasi dalam hitungan berbeda detik saja. Karena pengguna sarana komunikasi tersebut beragam, bentuk dan pilihan kata yang bermunculan pun semakin kompleks dengan tujuan yang beragam pula. Bentuk dan pilihan kata dalam jejaring sosial facebook tersebut hanya dipahami oleh sesama pengguna sarana komunikasi. Oleh karena itu, data penelitian ini berupa bentuk dan pilihan kata dalam facebook dianalisis dengan pendekatan struktural untuk mendeskripsikannya. Hasil dari penelitian ini adalah menemukan bentuk dan pilihan kata apa saja yang dipergunakan oleh pengguna facebook. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah jumlah perbendaharaan bentuk dan pilihan kata dalam bidang komunikasi.

Kata kunci: bentuk kata, pilihan kata, makna, facebook, dan komunikasi.


ABSTRACT

The shape and choice of words in communication develop rapidly as the trend of using Facebook happening. The shape and choice of words easily spread out since they are supported by advance technology in communication. The technology makes the information exchange possible in seconds. Since the users are varies, the shape and choice of words are also diverse in many kind intentions. The shape and choice of words are only understood by the Facebook users. Yet, these the shape and choice of words enrich the vocabulary in communication.

Key words: the shape of words, choice of words, meaning, facebook, dan communication.

 

Jalabahasa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Volume 10, Nomor 1, Mei 2014, halaman 61-74

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top