Guru SMP dan SMA Mengikuti Diklat Penulisan Karya Ilmiah di UMS

Seratus dua orang guru SMP dan SMA di Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, dan Sragen mengikuti peningkatan kompetensi guru dengan tema “Diklat Penulisan Karya Ilmiah: Penelitian dan Artikel” di Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pelatihan ini merupakan bentuk kerja sama Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Balai Diklat Keagamaan Semarang.  

Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan, Kepala Bidang PPTK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Imron Rosyadi, S.H., M.Pd. menyampaikan bahwa saat ini guru dituntut untuk mampu membuat karya tulis ilmiah agar dapat mengembangkan karirnya. Guru juga harus berani mengikuti lomba karya tulis ilmiah dan guru berprestasi untuk meningkatkan kompetensi diri.

Tidak jauh berbeda, Direktur Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Dr. H. Khudzaifah Dimyati, M.Hum. mengatakan bahwa saat ini semangat menulis karya ilmiah para guru dan dosen di Indonesia masih sangat rendah. Untuk itu, ia memberikan dorongan kepada guru untuk lebih giat membuat karya tulis ilmiah. Pada kesempatan itu Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., juga ikut memberikan motivasi kepada peserta untuk rajin menulis karya ilmiah agar karirnya dapat terus meningkat. Seorang guru harus memiliki kemauan untuk terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki, ungkapnya. 

Materi diklat disampaikan oleh Imron Rosyadi, S.H., M.Pd. (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah), Drs. Pardi, M.Hum., Drs. Suryo Handono, M.Pd., Agus Sudono, S.S., M.Hum. (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), Dra. Atiqa Sabardila, M.Hum. (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Fatma Widyastuti, S.Pd., M.Ed. (Balai Diklat Keagamaan Semarang), Dr. H. Enny Zubaidah, M.Hum. (Universitas Negeri Yogyakarta), Prof. Dr. Markhamah, Prof. Dr. Harun J.P., Prof. Dr. Endang Fauziati, Prof. Dr. Ali Imron, Prof. Dr. Abdul Ngalim, Dr. M.Thoyibi (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Diklat penulisan karya ilmiah ini dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada 5—6 Maret 2015, tahap kedua dilaksanakan 16 Maret 2015, dan tahap ketiga dilaksanakan pada 24 Maret 2015.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top