Masyarakat Jawa Tengah Antusias Mengikuti Lomba Pidato Berbahasa Jawa Tingkat Jawa Tengah 2015

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Lomba Pidato Berbahasa Jawa bagi Pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Umum pada Kamis, 26 Maret 2015, di Wisma Perdamaian, kawasan Tugu Muda, Semarang. Lomba bertema Tumuju Jawa Tengah ingkang Resik, Jujur, lan Tinarbuka ini diikuti oleh 55 pejabat dan pegawai SKPD di Jawa Tengah serta 55 peserta umum yang terdiri atas guru, dosen, mahasiswa, siswa, juga penggiat bahasa dan budaya Jawa.

Lomba Pidato Berbahasa Jawa ini dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kepala Biro Bina Mental Setda Provinsi Jawa Tengah, Rahardjanto Pudjiantoro, S.H., M.T. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Biro Bina Mental Setda Provinsi Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., menyatakan bahwa para pejabat dan pegawai SKPD yang mengikuti lomba ini menjadi teladan dalam melaksanakan Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 55 Tahun 2014. ”Jan elok tenan. Lomba pidato kok kanggo pejabat lan pegawe, uga masyarakat umum. Tumrap pejabat nek ora bisa kok yo piye, ora ketang jane yo pancen ora bisa amarga ora biyasa, yen wis bisa ya dianggep biyasa/lumrah. Nanging yo ora apa-apa, anggep wae iki gladen. Dadi sapa wae kang melu lomba pidato dina iki, ora usah mikir menang utawa kalah. Sing penting wus wani maju neng ngarepe wong pirang-pirang nganggo basa Jawa tur ora maca, iku wus apik tenan,” kata Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya.   

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi Suratno, M.Hum., mengatakan bahwa lomba ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa serta Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 430/9525 tentang Penggunaan Bahasa Jawa untuk Komunikasi Lisan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Lomba Pidato Berbahasa Jawa tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Jawa dan meningkatkan sikap percaya diri serta rasa bangga masyarakat terhadap kekayaan budaya berupa bahasa Jawa. Dengan lomba ini diharapkan dapat terbangun kerja sama antarlembaga di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dilandasi sikap melu handarbeni dan saiyeg saeka praya dalam pengembangan, pelestarian, dan pemanfaatan bahasa dan budaya Jawa. Ajakan Gubernur Jawa Tengah untuk menerapkan imbauan sehari berbahasa Jawa di lingkungan kerja instansi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta kabupaten/kota harus kita sikapi secara positif,” tegas Drs. Pardi Suratno, M.Hum.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Agus Sudono, M.Hum., menjelaskan bahwa pemenang Lomba Pidato Berbahasa Jawa ini mendapatkan trofi dari Gubernur Jawa Tengah, trofi dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, trofi dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, trofi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, piagam penghargaan, dan uang pembinaan jutaan rupiah. Tim juri berasal dari akademisi, praktisi, lembaga pemerintah, dan media massa. Juri untuk kategori pejabat dan pegawai SKPD terdiri atas Drs. Bambang Indiatmoko, M.Si., Ph.D. (Fakultas Bahasa dan Seni Unnes), Drs. Suryo Handono, M.Pd. (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), dan Dra. Sri Nurrohmani Sulistyowati, M.M. (RRI Semarang). Adapun juri untuk kategori umum terdiri atas Drs. H. Sutadi (Dewan Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah), Drs. Bambang Supriyono, M.Pd. (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah), dan Bambang Sulanjari, S.S., M.A. (Universitas PGRI Semarang). Aspek-aspek yang dinilai dalam lomba meliputi penampilan, bahasa, keruntutan gagasan, dan kesesuaian dengan tema,” jelasnya.

Di sela-sela lomba pidato, salah seorang peserta, Agung Cahyo, S.S., M.Pd., guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 12 Semarang, menyatakan bahwa dirinya bersemangat dan antusias mengikuti lomba pidato berbahasa Jawa. Agung menyatakan bahwa lomba tersebut menjadi ajang untuk menampilkan kemampuan berbahasa Jawa masyarakat Jawa Tengah. Bahkan, Agung mengaku tetap bersemangat dan tidak jenuh meskipun harus menunggu lama karena mendapat nomor undi tampil paling akhir. ”Lomba seperti ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat supaya tetap menjaga dan melestarikan bahasa Jawa yang penuturnya semakin berkurang.” katanya.

Berikut daftar pemenang Lomba Pidato Berbahasa Jawa bagi Pejabat/Pegawai SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Umum Tingkat Jawa Tengah Tahun 2015. Pemenang Kategori Pejabat/Pegawai SKPD adalah Juara I: Dra. Darmi Suprihatin, M.Pd. (Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Boyolali); Juara II: Walujo, S.H. (Bappeda Provinsi Jateng); Juara III: Sodiqul Amin, S.Pd. (Dinas Pendidikan Kabupaten  Sukoharjo) Adapun pemenang Kategori Umum adalah Juara I: Titah Banu Arum Mumpuni (Kabupaten Magelang); Juara II: Esty Setyowati (Kota Semarang); Juara III: Suliyanto, S.Pd., M.Pd. (Kabupaten Wonogiri).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top