Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Siswa SMK Tunas Harapan Pati

 

Dua ratus lima puluh siswa terbaik dari delapan jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tunas Harapan Pati mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia yang dilaksanakan Senin, 6 April 2015, di Aula SMK Tunas Harapan Pati, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Drs. Sarpan, S.H., M.M., dan dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum.; Kepala Sekolah SMK Tunas Harapan, Ir. Eny Wahyuningsih, M.Pd.; Guru Bahasa Indonesia SMK Tunas Harapan Pati; dan Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala SMK Tunas Harapan Pati menyampaikan bahwa kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia yang dilaksanakan di SMK Tunas Haran Pati bertujuan meningkatkan kualitas berbahasa siswa sehingga tumbuh rasa cinta terhadap bahasa Indonesia. Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan  untuk mengetahui tingkat kemahiran berbahasa siswa, meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, dan sebagai bahan evaluasi sistem pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Tunas Harapan Pati. Hal itu juga merupakan upaya meyakinkan dunia industri dan usaha berkaitan dengan keterampilan berbahasa dan kemampuan berkomunikasi siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Drs. Sarpan, S.H., M.M. menyampaikan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang sedang berkembang. Perkembagan tersebut dapat dilihat dari pernambahan kosakata dalam bahasa Indonesia, baik berasal dari bahasa daerah maupun bahasa Asing. Untuk menguasai ilmu dan teknologi, seseorang harus menguasai bahasa. Untuk itu, perlu penguasaan bahasa Indonesia yang baik agar ilmu dan teknologi tersebut dapat dikuasai.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., mengungkapkan bahwa keberadaan bahasa Indonesia sangat bergantung pada generasi muda. Jika generasi muda memiliki sikap positif, fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia akan semakin mantap. Oleh karena itu, perlu upaya penanaman sikap setia bangga, dan sadar terhadap norma terhadap bahasa Indonesia pada generasi muda. Salah satu penanaman sikap positif itu dilakukan melalui kegiatan UKBI. Dengan mengikuti UKBI ini, generasi muda, khususnya lulusan terbaik SMK Tunas Harapan Pati, diharapkan memiliki kemahiran berbahasa Indonesia yang memadai. Kemahiran tersebut akan mencerminkan sikap positif mereka terhadap bahasa Indonesia. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas