Verba Aus

Oleh Poetri Mardiana Sasti

 

Pengertian verba menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:1546) adalah kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan. Verba sering disebut juga dengan kata kerja. Pada umumnya verba yang digunakan dalam kalimat aktif memiliki prefiks atau awalan, seperti ber-lari, me-nyanyi, me-nari, dan ber-gurau. Namun, terdapat juga verba tanpa awalan yang bisa digunakan sebagai predikat dalam suatu kalimat aktif yang dikenal dengan verba aus.

Badudu mengemukakan bahwa verba aus merupakan sebuah istilah yang dikemukakan oleh Sutan Muhammad Zain. Verba aus ialah kata kerja intransitif yang berbentuk kata dasar, yaitu kata kerja yang tidak memerlukan awalan me- atau ber-, seperti tidur, pergi, mandi, duduk, terbang, bangun, dll.

Mengapa verba aus tidak memerlukan penambahan prefiks atau awalan pada pemakaiannya dalam kalimat aktif? Perhatikanlah contoh kalimat berikut.

1.  Ia pergi ke Surabaya tadi pagi.
1a. Ia memergi ke Surabaya tadi pagi.
1b. Ia bepergi ke Surabaya tadi pagi.

2.  Anak-anak mandi di laut.
2a. Anak-anak memandi di laut.
2b. Anak-anak bermandi di laut.

3.  Firas duduk di bawah pohon mangga.
3a. Firas menduduk di bawah pohon mangga.
3b. Firas berduduk di bawah pohon mangga.

Contoh kalimat 1, 2, dan 3 menggunakan verba aus. Verba aus tidak memerlukan prefiks atau awalan pada pemakaiannya dalam kalimat berita aktif. Apabila verba aus diberi tambahan prefiks me- atau ber-, kalimat akan menjadi tidak lazim, seperti pada contoh kalimat 1a, 1b, 2a, 2b, 3a, dan 3b.

 

Lembar Informasi Kebahasaan dan Kesastraan Edisi 2, Maret-April 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top