Lomba Musikalisasi Puisi dan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2015

Dalam rangka menyambut Bulan Bahasa dan Sastra 2015, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Lomba Musikalisasi Puisi dan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 8—9 September 2015 di aula SMA 3 Pati dan aula Pragola, Kantor Pemerintah Kabupaten Pati. Pembukaan dilaksanakan di aula SMA 3 Pati dan dibuka secara resmi oleh Bupati Pati, H. Haryanto, S.H., M.M., M.Si.

Acara diawali dengan persembahan Tari Gambyong yang oleh tiga orang siswi SMA Negeri 3 Pati. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum.; Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pati, Ir. Handani; Kabid PPTK Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Ahmadi, S.Pd.; Kepala SMA 3 Pati, Drs. Muh. Yamin, M.Pd.; Juri Lomba Musikalisasi Puisi, yang terdiri atas Prof. Dr. Suminto A. Sayuti (FBS UNY), Ane Matahari (Ketua Sanggar Matahari Jakarta), Anis Sholeh Ba’asyin (Budayawan Pati); peserta lomba musikalisasi puisi, dan finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2015.

Bupati Pati menyatakan apresiasinya atas Lomba musikalisasi Puisi dan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2015 yang dilaksanakan di Pati. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari itu diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi bagi anak-anak muda di Jawa Tengah. Selanjutnya, Bupati Pati menyatakan bahwa pemenang Duta Bahasa Jawa Tengah memiliki tugas untuk menjaga, mengembangkan, dan membina masyarakat untuk selalu berbahasa secara baik.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bagi anak-anak muda di Jawa Tengah. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memilih peserta lomba Musikalisasi Puisi dan Duta Bahasa Jawa Tengah terbaik yang nantinya akan mewakili Jawa Tengah mengikuti seleksi di tingkat nasional. Lomba Musikalisasi Puisi diikuti oleh 32 kelompok dari berbagai SMA di Jawa Tengah, sedangkan Pemilihan Duta Bahasa diikuti oleh 15 pasang finalis yang telah lolos babak penyisihan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top