Membawahkan dan Membawahi

Oleh Dwi Atmawati

 

Bentuk kata membawahkan relatif jarang digunakan. Sementara itu, kata membawahi lebih sering digunakan masyarakat untuk maksud membawahkan. Padahal, kedua kata tersebut memiliki perbedaan arti yang berlawanan. Kata membawahi memiliki kesejajaran bentuk dengan kata mengatasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) kata membawahi berarti menempatkan diri di bawah perintah seseorang. Kata membawahi berasal dari kata bawah, yang berarti tempat yang lebih rendah. Kata bawahan berarti 1 sesuatu yang berada di bawah; 2 orang yang di bawah perintah; 3 (orang, pegawai) rendahan. Kata mengatasi  berarti 1 menguasai (keadaan); 2 melebihi dalam hal; 3 mengalahkan; 4 menanggulangi. Kata atasan berarti yang lebih tinggi; yang di atas; pimpinan.

Kata membawahi terbentuk dari kata bawah + afiks [meng-i]. Sementara itu, kata mengatasi terbentuk dari kata atas + afiks [meng-i]. Kata dasar bawah dan atas berkategori nomina. Kata membawahi dan mengatasi memiliki kelas kata dan proses morfologis yang sama. Oleh karena itu, arti yang terkandung dalam afiks tersebut sama. Perhatikan contoh penggunaan kata mengatasi.

(1)  Perlu kesabaran untuk mengatasi permasalahan itu.

Kata mengatasi pada kalimat (1) berarti menguasai atau menyelesaikan.

(2)  Dia yang tercantik di kampungnya, tidak ada yang mengatasinya.

Kata mengatasi pada kalimat (2) berarti melebihi.

(3)  Tiga wakil membawahi direktur perusahaan kayu tersebut

Kata membawahi pada kalimat (3) berarti direktur perusahaan kayu tersebut memiliki tiga wakil yang menjadi bawahannya.

Adapun kata membawahkan berarti menempatkan sesuatu di bawah; memegang pimpinan; mengepalai. Kata membawahkan bersinonim dengan memimpin, menguasai, mengepalai. Berdasarkan uraian tersebut, jelaslah perbedaan kata membawahi dan membawahkan. Perhatikan contoh ini.

(4)  Ia bahkan berhasil mendirikan perusahaan sendiri dan membawahi sebuah tim pemasaran yang luar biasa.

Penggunaan kata membawahi pada kalimat (4) tidak tepat. Kata membawahi pada kalimat (4) berarti menempatkan diri di bawah perintah seseorang. Padahal, maksud yang ingin dikemukakan adalah memimpin. Jadi, kalimat yang tepat sebagai berikut.

(5)  Ia bahkan berhasil mendirikan perusahaan sendiri dan membawahkan sebuah tim pemasaran yang luar biasa.

Kalimat (5) berarti ia memimpin atau mengepalai tim pemasaran. Oleh karena itu, kata yang tepat adalah membawahkan bukan membawahi.

 

Lembar Informasi Kebahasaan dan Kesastraan Edisi 4, Juli-Agustus 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top