Bengkel Sastra Kabupaten Semarang

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan “Bengkel Sastra: Penciptaan dan Apresiasi Puisi bagi Guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Semarang”. Kegiatan tersebut diadakan di Aula SMA N 2 Kabupaten Semarang pada 14—16 September 2015. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., di hadiri oleh 60 guru bahasa Indonesia SMP se-Kabupaten Semarang.

Dalam sambutannya, Drs. Pardi, M.Hum. menyampaikan apresiasinya terhadap Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yang telah membantu segala persiapan kegiatan sehingga dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Selain itu, beliau juga memberikan motivasi kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan kesungguhan, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diberikan kepada siswa dengan maksimal. Beliau juga menyampaikan salah satu faktor yang menentukan dalam pembelajaran sastra Indonesia di sekolah adalah guru. Oleh karena itu guru perlu dibekali kemampuan untuk mengajarkan apresiasi sastra kepada anak didik.

Pada kesempatan yang sama,. Kepala Seksi Tenaga Pendidik SMP Drs. Prasetyo, M.Pd menyampaikan kegiatan Bengkel Sastra diharapkan dapat meningkatkan kemampuan apresiasi dan  minat  guru terhadap sastra. Hal itu diharapkan dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran. Di samping itu, minat siswa terhadap sastra akan semakin tinggi apabila guru dapat memberikan materi pembelajaran sastra secara benar dan menyenangkan.

Kegiatan diisi dengan pemaparan materi-materi satra dan praktik. Materi pada hari pertama meliputi “Pengembangan Ide Penciptaan Puisi” oleh Gunawan Budi Santoso, “Praktik Pengembangan Ide Penciptaan Puisi” oleh Inni Inayati, S.S., M.Hum. Hari kedua peserta memperoleh materi “Teknik Penulisan Puisi” yang disajikan oleh Mukti Sutarman, serta “Praktik Penulisan Puisi” yang dipandu oleh Desi Ari Pressanti, S.S., M.Hum. Pada hari ketiga, narasumber Timur Sinar Suprabana menyampaikan materi “Teknik Pembacaan Puisi”  dan diakhiri dengan “Praktik Pembacaan Puisi”.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas