Pemenang Duta Bahasa Jawa Tengah 2015

Wahyu Seta Aji (Salatiga) dan Dian Rahmatika (Tegal) terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah 2015. Mereka berhasil menyisihkan empat belas pasang finalis lainnya pada Final Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2015 yang diselenggarakan di aula Pragola, Kantor Sekretaris Daerah Pati, pada 8—9 September 2015. Pemenang Duta Bahasa Putra dan Putri akan mewakili Jawa Tengah dalam Pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional.

Peserta pemilihan Duta Bahasa telah menjalani rangkaian seleksi tahap awal yang dilaksanakan di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah pada bulan Agustus 2015. Seleksi tahap awal meliputi seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan seleksi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Pada babak final, para finalis harus memaparkan makalah kebahasaan dan mengikuti wawancara dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Jawa, dan Inggris. Para finalis juga diuji pengetahuan mengenai berbagai budaya di Jawa Tengah oleh dewan Juri yang terdiri atas Agus Sudono, M.Hum. (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), Elizabeth Juniar (Duta Bahasa Nasional 2011), Hanifan Fuadi (Duta Bahasa Nasional 2011), dan Ibu Musus Haryanto (Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pati) sebagai juri kehormatan.

Pada kategori putra, pemenang kedua diraih oleh Lativ Shaykoni (Kendal), dan pemenang ketiga diraih oleh Huda Abdul Rohman (Surakarta). Pada kategori putri, pemenang kedua diraih oleh Melodia Puji Inggarwati (Pati) dan pemenang ketiga diraih oleh Esterika Dhenasepti (Temanggung). Sementara itu,  Alvian Novi Arfianto (Wonogiri) dan Diardana Prima Sinta (Cilacap) menjadi pemenang favorit pilihan peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top