DISEMINASI KARYA ILMIAH BAGI GURU BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KOTA SEMARANG

 

Keberhasilan pendidikan di Indonesia tentu tidak terlepas dari berbagai unsur yang mendukung, seperti pemerintah, guru, sekolah, lingkungan, masyarakat, dan siswa. Guru  merupakan salah satu unsur yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pendidikan. Sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 42, ayat 1, guru dituntut untuk memiliki sikap profesional, yaitu harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar, sehat jasmani dan rohani, sera memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Berkaitan dengan peningkatan sikap professional pada guru tersebut, Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kota Semarang melakukan upaya peningkatan profesional guru dengan melaksanakan kegiatan Diseminasi Karya Ilmiah bagi Guru Bahasa Indonesia Kota Semarang Tahun 2016.

            Kegiatan Diseminasi Karya Ilmiah bagi Guru Bahasa Indonesia Kota Semarang ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah. Dengan diseminasi ini, guru diharapkan menjadi terbiasa dan pintar dalam menulis karya ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 Oktober 2016, pukul 08.00-15.30, bertempat di SMP Negeri 12 Semarang, Jalan Durian Raya, Banyumanik.

            Kegiatan diseminasi dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Balai Bahasa Jawa Tengah selalu mendukung segala upaya peningkatan kompetensi guru. Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan guru yang memiliki kompetensi dalam menulis karya ilmiah.

            Diseminasi diikuti 35 peserta dan 16 pemalakah. Narasumber utama ialah Drs. Pardi, M.Hum. dan Didik Teguh Prihanto, M.Pd. Pembahas materi kegiatan ialah Dr. Panca Dewi Purwati, M.Pd., Muhamad Burhanudin, S.S., M.A., Dra. Cicilia Sri Maryuni, M.M., Erwan Rachmat, S.Pd., M.Pd., dan Drs. Eko Djatmiko, M.Pd. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top