Rencana Strategis (Renstra) Balai Bahasa Jawa Tengah tahun 2015-2019 (Revisi)

Rencana Strategis (Renstra) Balai Bahasa Jawa Tengah 2015—2019 merupakan penjabaran visi dan misi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang tertuang dalam renstra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa 2015—2019. Visi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa adalah terwujudnya lembaga yang andal dibidang kebahasaan dan kesastraan dalam rangka mencerdaskan serta memperkukuh jatidiri, karakter, dan martabat untuk memperkuat daya saing bangsa.

Untuk mencapai visi Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa tersebut, ditetapkan misi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai berikut.

  1. Mengembangkan dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia;
  2. Meningkatkan mutu penelitian bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa dan sastra;
  4. Meningkatkan mutu pelayanan informasi kebahasaan dan kesastraan;
  5. Meningkatkan mutu tenaga kebahasaan dan kesastraan;
  6. Meningkatkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional;
  7. Mengembangkan kerja sama kebahasaan dan kesastraan; dan
  8. Mengembangkan pengelolaan organisasi dan kelembagaan.

Balai Bahasa Jawa Tengah sebagai unit pelaksana teknis di bawah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mempunyai tugas pokok  melaksanakan penelitian, pengembangan, dan pembinaan, serta pelayanan kebahasaan dan kesastraan di daerah. Sehubungan dengan itu, dalam renstra Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa 2015—2019 yang menjadi capaian  Balai Bahasa Jawa Tengah adalah  terwujudnya bahasa Indonesia sebagai jatidiri dan martabat bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah, serta wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Renstra Balai Bahasa Jawa Tengah 2015–2019 selengkapnya dapat diunduh pada tombol unduh berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas