Hari Bahasa Ibu Internasional, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Gelar Seminar “Pemertahanan Bahasa Daerah di Era Digital”

Umi Farida

SEMARANG, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id – UNESCO telah menetapkan tanggal 21 Februari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional. Penetapan Hari Bahasa Ibu Internasional ini menunjukkan perlunya bahasa ibu dipertahankan, dilestarikan, dan diberdayakan. Dalam upaya pemertahanan bahasa ibu tersebut, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah akan menggelar rangkaian seminar daring dengan mengusung slogan “Bahasa Daerah Terawat, Bahasa Indonesia Bermartabat”.

“Ada dua seminar daring yang diselenggarakan. Kedua seminar itu mengangkat upaya pemertahanan bahasa dengan cara yang berbeda,” kata Dr. Ganjar Harimansyah, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, pada 17 Februari 2022.

Seminar daring pertama, lanjut Ganjar, mendiskusikan upaya pemertahanan bahasa melalui pengembangan kamus digital. Seminar tersebut digelar karena perlunya upaya mempertahankan bahasa daerah dalam laju perubahan zaman.

“Pendokumentasian bahasa Jawa dalam bentuk kamus digital diharapkan dapat menjadi jembatan pemerolehan bahasa ibu generasi muda, khususnya di Jawa Tengah. Memasuki era Society 5.0, kami mengembangkan kamus budaya Jawa berbasis teknologi,” ujarnya.

Seminar daring pertama digelar pada pada Sabtu, 19 Februari 2022 pukul 09.00—12.00 melalui Zoom dengan tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/haribahasaibu dengan kode: 627 262 1109 dan sandi: bahasaibu. Seminar bertema Pemertahanan Bahasa Daerah melalui Pengembangan Kamus Digital ini akan menghadirkan narasumber Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminuddin Aziz, M.A., Ph.D.; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.; Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum.; Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Dian Nuswantoro, Dr. Raden Arief Nugroho.; Kepala Pusat Unggulan Iptek Javanologi UNS, Prof. Sahid Teguh Widodo, Ph.D.; dan Ketua Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro, Dr. Muljono, M.Kom.

Sementara itu, seminar kedua akan digelar pada 22 Februari 2022, pukul 10.00—12.00, melalui Zoom dengan tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/haribahasaibu dengan kode: 627 262 1109 dan sandi: bahasaibu2. Seminar yang kedua ini akan mengupas upaya revitalisasi bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa yang digunakan oleh masyarakat Tegal. Seminar daring kedua itu bertema Kerja Sama untuk Meningkatkan Bahasa dan Sastra Tegalan (Brayan kanggo Ningkatna Martabate Basa lan Sastra Tegalan)”. Narasumbernya adalah Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah; Rektor Universitas Bhamada, Dr. H. Maufur, M.A.; dan Duta Baca Kota Tegal, Atmo Tan Sidik. Kegiatan seminar itu juga dapat diakses melalui laman balaibahasajateng.kemdikbud.go.id atau Instagram @balaibahasajawatengah.

Editor: Agus Sudono

(ufa/asa/est)

2 thoughts on “Hari Bahasa Ibu Internasional, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Gelar Seminar “Pemertahanan Bahasa Daerah di Era Digital”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top