Gelar Bengkel Literasi di Banyumas, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Ajak Generasi Muda Menulis Cerita Anak

Galuh Ayuning Tyas

BANYUMAS, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id—Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan pelatihan penulisan cerita anak melalui Bengkel Literasi bagi Generasi Muda di aula Perpustakaan Universitas Islam Negeri Prof. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu), Purwokerto, Kabupaten Banyumas, pada 30 Agustus 2022. Peserta kegiatan Bengkel Literasi Generasi Muda Kabupaten Banyumas adalah mahasiswa, anggota komunitas bahasa dan sastra, serta masyarakat umum di Kabupaten Banyumas. Peserta yang tidak dapat hadir pada kegiatan luring dapat hadir secara daring di ruang virtual Zoom.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah, mengatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mempersatukan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Dia mengajak peserta untuk terus berkarya, terutama dalam menghasilkan cerita anak.

“Saat ini sedikit sekali penulis yang menggeluti penulisan cerita anak. Jangan mudah menyerah dalam menghasilkan tulisan. Resep untuk bisa menghasilkan karya hanya tiga, yaitu menulis, menulis, menulis,” kata Ganjar di UIN Saizu Purwokerto pada Selasa, 30 Agustus 2021.

Sementara itu, Rektor UIN Saizu Purwokerto, Prof. Dr. Moh. Roqib, M.Ag., menyatakan bahwa perintah pertama yang diberikan Tuhan kepada manusia adalah membaca atau iqra’.

“Bengkel literasi ini merupakan tindakan nyata mengamalkan perintah Allah untuk membaca atau iqra,” ujar Roqib.

Roqib berharap kerja sama yang terjalin antara Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan UIN Saizu akan berkelanjutan dan menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“Kegiatan Bengkel Literasi ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif bagi dunia tulis-menulis di kalangan generasi muda. Dengan demikian, budaya literasi akan semakin meningkat,” jelasnya.

Kegiatan Bengkel Literasi tersebut dilaksanakan secara daring dan luring pada tanggal 30 Agustus 2022, 1—2 September 2022, 5—6 September 2022, 12—13 September 2022, dan 20 September 2022. Kegiatan luring diadakan pada tanggal 30 Agustus 2022 di Aula Perpustakaan UIN Prof. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan 20 September 2022. Kegiatan daring dilaksanakan pada 1—2, 5—6, 12—13 September 2022 melalui ruang zoom. Luaran dari kegiatan Bengkel Literasi Generasi Muda Kabupaten Banyumas ini berupa kumpulan cerita anak karya peserta yang akan diterbitkan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Penyunting: Agus Sudono

 

(slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas